Berita

    5 Jenis Pintu Mobil yang Harus Anda Ketahui!

    Ada banyak macam pintu mobil yang ada saat ini. Oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan mengenai 5 jenis pintu mobil yang beredar di pasaran. Diharapkan anda dapat mengetahuinya dan menjadikannya referensi dalam memodifikasi mobil. 

    1. Pintu Geser (Silding Doors)

    Jenis yang pertama adalah pintu mobil geser atau silding doors. Pintu jenis ini masuk ke dalam model umum yang mana dalam mekanisme membukanya digeser secara horizontal.

    Jenis pintu ini pertama kali digunakan pada tahun 1954 oleh Kaiser Darrin. Kelebihan dari pintu geser atau silding doors ini adalah adanya ruang masuk dan ruang keluar yang lebih luas. Biasanya jenis pintu ini digunakan pada mobil berjenis bus, van, atau minivan..

            2. Pintu Konvensional (Conventional Doors)

    Jenis yang kedua adalah pintu mobil konvensional atau conventional doors. Jenis pintu ini masuk ke dalam kategori jenis pintu mobil umum. anda mungkin sudah sangat familiar dengan pintu mobil jenis ini karena jenis ini juga mirip seperti pintu di rumah. 

    Pintu ini juga biasa digunakan pada mobil pada umumnya. Oleh karena itu dalam hal pembuatan atau produksi, jenis pintu ini masuk ke dalam kategori pintu yang murah sekaligus mudah. 

            3. Canopy Doors

    Canopy doors merupakan jenis pintu yang bisa dikatakan langka sekaligus unik. Kenapa demikian? Karena mekanisme ketika membukanya berbentuk seperti kanopi yang mana akan membuka ke atas.

    Karena mekanisme membukanya yang seperti ini, penumpang harus melompat ke kanan atau ke kiri tanpa harus membuka sisi kanan atau kiri. Akan tetapi kekurangannya adalah ketika musim hujan, kabin pada mobil bisa menjadi basah semua

            4. Butterfly Doors

    Butterfly doors merupakan jenis pintu mobil yang berbentuk seperti gunting yang melebar sedikit ke arah samping dan mengayun ke atas. Cara membukanya adalah dengan membuka ke samping lalu mengayun ke atas sehingga akan tercipta ruang masuk atau keluar yang luas.

    Biasanya pintu jenis ini disalahartikan mirip dengan scissor door, akan tetapi jika dilihat dengan baik – baik maka ada perbedaan di antara keduanya. Kekurangan dari jenis pintu ini adalah akan mengalami kesulitan dan tidak cocok jika ditempatkan pada ruang parkir yang sempit.

            5. Gullwing Doors

    Gullwing Doors merupakan jenis pintu yang memiliki bentuk seperti burung camar yang sedang mengepakkan sayap. Secara teknis, pintu ini memiliki engsel di atap mobil. Cara membukanya adalah dengan mengarahkan pintu ke atas mobil. Jenis pintu ini juga biasa disebut dengan falcon door atau portes papillon.