Berita

    Fungsi Exhaust Manifold, Cara Kerja dan Komponennya

    Exhaust manifold menjadi salah satu komponen yang memiliki fungsi menjadi jalur gas buang bahan bakar. Di mesin mobil, komponen ini juga menjadi bagian pertama dari knalpot sehingga sering disebut sebagai kepala knalpot.

    Biasanya, bagian ini dipasang dengan menggunakan baut dan mur khusus yang tahan panas, hal ini disebabkan karena komponen ini terus menerus dialiri gas bersuhu tinggi. Lantas, apa saja fungsi yang dimilikinya? 

    Fungsi Exhaust Manifold

    Berikut berbagai macam fungsi yang dimiliki oleh komponen ini, antara lain:

            1. Menjadi Jalur Gas Buang Mesin

    Komponen ini memiliki fungsi sebagai jalur pembuangan sisa gas pembakaran yang  berada di mesin. Oleh sebab itu, komponen mobil ini mempunyai sejumlah pipa yang digunakan menjadi jalur keluar sisa gas buang. 

    Salah satu hal yang harus diketahui adalah jumlah pipa yang dimiliki komponen ini bergantung dari silinder yang digunakan. Nantinya, gas yang berasal dari sisa pembakaran akan dikeluarkan dari muffler knalpot. 

            2. Membuat Mesin Terus Efisien

    Fungsi lain yang dimiliki komponen ini adalah memastikan mesin bekerja secara efisien dan lancar. Karena alasan inilah, komponen ini dirancang dengan desain yang sudah dihitung khusus. 

    Contohnya saja seperti diameter pipa dihitung agar ideal, bila diameternya terlalu besar, dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Sedangkan, diameter komponen ini yang terlalu kecil bisa membuat tenaga mesin mengalami penurunan. 

    Kebanyakan komponen ini pada mobil juga sudah dipasang sensor oksigen yang menjadi input komponen, sehingga bisa mengoreksi bahan bakar yang paling sesuai. 

            3. Meredam Suara

    Proses pembakaran yang berada di ruang bakar biasanya terdengar keras layaknya suara ledakan, sehingga bisa membuat suara yang bising di telinga. Tetapi, suara tersebut bisa diredam dengan menggunakan komponen ini. 

    Sehingga, fungsi lain yang dimiliki komponen ini adalah mampu meredam suara ledakan sehingga suaranya menjadi jauh lebih halus. 

    Komponen Exhaust Manifold

    Menjadi bagian pertama dari knalpot kendaraan, tentu saja komponen ini memiliki sejumlah bagian, seperti:

            1. Exhaust Pipe

    Bagian yang pertama adalah exhaust pipe. exhaust pipe merupakan bagian yang berfungsi meneruskan tugas dari manifold. Sehingga, sisa gas akan dialirkan ke bagian ini. komponen exhaust pipe ini memiliki peran untuk melancarkan pembuangan gas yang berasal dari sisa pembakaran.