Berita

    Ini Dia Penyebab Aki Mobil Tekor & Cara Mengatasinya

    Aki mobil tekor bisa menjadi masalah yang menyebalkan. Dengan kondisi demikian, maka mobil bisa sukar untuk dihidupkan. Tidak hanya itu, ada tekornya aki mobil pun bisa menyebabkan kendaraan tersebut tidak bisa dihidupkan kembali atau mati total. 

    Sebagai pemilik mobil, Anda pastinya tidak menginginkan kondisi buruk ini terjadi pada mobil pribadi. Namun jika memang sudah terjadi, maka sebaiknya ketahui penyebab beserta cara-cara untuk mengatasi kondisi tersebut dengan tidak melewatkan artikel satu ini!

    Penyebab Aki Mobil Tekor

    Ada banyak penyebab mengapa aki mobil Anda bisa tekor. Diantaranya karena lama tidak menghidupkan mobil, menghidupkan air conditioner (AC)  ketika mobil mati, dan memasang aksesoris terlalu banyak. Untuk mengetahui lebih detail, ikuti poin dan penjelasan berikut ini:

    • Lama Tidak Menghidupkan Mobil 

    Anda mungkin berpikir bahwa tidak menghidupkan mobil dalam waktu yang lama bisa menghemat aki. Ironinya, hal tersebut justru menyebabkan aki menjadi bermasalah, sebab terjadi penurunan arus listrik di dalamnya. 

    Maka demikian, tidaklah heran jika banyak orang menghidupkan mobil sesekali walaupun jarang digunakan. Misalnya pada waktu-waktu tertentu. Ternyata hal ini bertujuan untuk menghindari aki mobil menjadi tekor.

    • Menghidupkan Air Conditioner Ketika Mobil Mati

    AC atau air conditioner memang berguna untuk mendinginkan kabin mobil dengan cara beroperasi dalam temperatur rendah. Namun, seringkali, pengguna mobil menyalakan fitur ini ketika kendaraan tersebut dalam keadaan mati. 

    Walaupun tampak sepele, kesalahan tersebut dapat memicu aki mobil tekor. Sebab, persebaran listrik hanya berfokus pada AC atau tidak merata. Apabila Anda terus menghidupkan AC ketika mobil mati, maka efeknya yaitu umur aki semakin pendek.  

    • Memasang Aksesoris Terlalu Banyak

    Pemasangan aksesoris mobil, misalnya audio, lampu, hingga perangkat elektronik yang lain memang dapat membuat mobil terlihat semakin oke. Akan tetapi, jika pemasangan aksesoris dalam jumlah berlebihan, maka bisa berdampak pada aki. 

    Jadi, semakin banyak instalasi aksesoris mobil, maka semakin terforsir performa aki. Aki yang bekerja terlalu keras akan berdampak buruk, yaitu menjadi tekor. Maka demikian, untuk mencegahnya lebih baik pasang aksesoris sesuai kemampuan aki.

    Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor