Berita

    Inilah Fungsi, Cara Kerja dan Komponen Sistem Pengisian Mobil

    Sistem pengisian merupakan rangkaian elektronika yang dibuat dengan tujuan agar dapat menyuplai listrik bagi kendaraan. 

    Seperti yang diketahui secara umum bahwa aki digunakan sebagai sumber listrik, akan tetapi aki hanya dapat menghemat listrik dan tidak dapat memproduksinya sendiri. 

    Oleh sebab itu, diperlukan adanya sebuah sistem yang bisa digunakan untuk memproduksi listrik agar dapat dipakai untuk mengisi aki serta menyuplai beban listrik pada seluruh komponen kendaraan bermotor.

    Komponen utama sistem pengisian mobil ialah alternator, sebab komponen ini hampir serupa dengan generator AC yang bertugas untuk mengubah energi putar menjadi energi listrik memakai gaya elektromagnetik.

    Namun, agar dapat mendukung daya pengisian itu, diperlukan juga beberapa komponen pendukung. Di antaranya: 

            1. Alternator 

    Alternator bertugas untuk menyediakan arus listrik yang dialirkan ke komponen dalam mobil kemudian disimpan pada baterai. Nah, biasanya ini terjadi sewaktu Anda mengisi ulang kendaraan. 

            2. Baterai 

    Baterai berfungsi untuk sumber daya listrik pada kendaraan seperti mobil atau motor. Cara kerjanya, sewaktu Anda melakukan pengisian ulang, alternator akan memberikan daya listrik dan membiarkan baterai untuk menyimpannya sementara waktu. 

    Daya yang disimpan itulah yang nantinya akan dipakai oleh komponen lain di dalam kendaraan yang membutuhkan listrik sewaktu mobil mulai dinyalakan. 

            3. Regulator 

    Regulator ini nantinya berfungsi untuk bisa menjaga kestabilan daya listrik yang dihasilkan oleh alternator. Apabila dayanya terlalu besar, kendaraan dapat menerima muatan listrik yang berlebih sehingga mesin dapat mengalami kerusakan. 

            4. Lampu CHG

    Lampu pengisian atau biasa dikenal lampu CHG ini berfungsi untuk memberi tanda jika sistem untuk pengisian bahan bakar sudah bekerja dengan baik atau belum. Lampu ini akan secara otomatis mati ketika Anda sedang melakukan isi ulang bahan bakar. 

            5. Fuse 

    Korsleting bisa saja terjadi untuk komponen-komponen kendaraan yang membutuhkan listrik untuk beroperasi. Agar tidak terjadi korsleting sewaktu mobil digunakan, ada namanya fuse dalam sistem yang bertugas untuk mengamankan mesin supaya tidak terjadi arus pendek.