Berita

    Ketahui Cara Memasang Relay Lampu pada Mobil!

    Pernah mendengar komponen yang bernama relay lampu mobil pada kendaraan Anda? Secara umum, relay lampu pada mobil adalah bagian yang berfungsi memperkuat arus listrik agar daya sistem kelistrikan kendaraan bisa bertambah meski sistem pengapiannya kecil.

    Selain itu, banyak pula orang awam yang tidak mengetahui bagaimana cara memasang relay pada lampu mobil, karena banyak yang tidak merasa butuh untuk memasangnya. Tetapi, komponen ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk menunjang komponen lampu mobil Anda.

    Apa Itu Relay Lampu Mobil dan Fungsinya?

    Sebelum mengetahui bagaimana cara memasangnya, sebaiknya ketahui apa itu relay pada lampu mobil. Pada dasarnya, relay adalah salah satu komponen elektrik pada kendaraan bermotor, termasuk mobil, yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik.

    Arus listrik akan dialirkan dari saklar utama ke komponen listrik lainnya yang membutuhkan, dalam hal ini yaitu lampu utama serta klakson. Bedanya, komponen ini mampu mengalirkan arus listrik dengan tegangan yang besar meski sistem pengendalian arus listriknya kecil.

    Cara Memasang Relay Lampu Pada Mobil

    Cara memasang relay lampu pada mobil pada dasarnya tidak sama seperti cara pemasangan pada motor. Ada 2 opsi yang bisa Anda pilih, yaitu membeli satu set lampu relay siap pasang, atau membuat relay lampu sendiri.

    Selain itu, untuk memasang relay lampu pada mobil, Anda harus melakukannya secara tepat dan presisi. Agar tidak salah pasang, berikut ini panduan cara masang relay lampu mobil yang perlu Anda ketahui:

    • Cara Memasang Set Relay Lampu Siap Pakai

    Cara pertama ini lebih mudah, sebab Anda hanya perlu membeli satu set lampu rela siap pakai yang banyak dijual di toko otomotif atau bengkel. Anda bisa memilih satu set yang dilengkapi oleh 2, 3, hingga 4 relay dengan harga yang bervariasi.

    Semakin banyak jumlah relay, umumnya harga yang ditawarkan juga akan semakin tinggi. Jadi, sebaiknya pilihlah relay lampu yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, harga minimal yang ditawarkan berkisar antara Rp100-300 ribu per set.

    Cara memasang set relay lampu mobil siap pakai ini mudah, cukup hubungkan soket lampunya pada soket terminal positif negatif pada komponen accu. Apabila sudah terpasang dengan benar, maka relay lampunya pun siap untuk dinyalakan.

    • Cara Membuat dan Memasang Relay Lampu Sendiri