Berita

    Ketahui Fungsi, Jenis, & Kerusakan pada Gasket Mobil

    Gasket mobil merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan Anda. Ini merupakan bagian berbentuk lempengan yang menyambung tutup atau kepala silinder dan tabung silinder. 

    Tentu saja keberadaan gasket di dalam mobil Anda memiliki tujuan tertentu. Mari cari tahu lebih banyak lagi mengenai komponen ini!

    Fungsi Gasket Mobil

    Gasket memiliki beberapa fungsi penting yang mendukung performa sebuah mobil. Berikut adalah beberapa fungsi gasket yang sebaiknya Anda diketahui:

    • Menjaga Kompresi

    Gasket akan membantu menjaga kompresi di sebuah blok silinder. Perlu diketahui bahwa saat kompresi dalam silinder berubah maka tarikan mesin akan berkurang. Demi mempertahankan tarikannya optimal, maka kompresi harus dijaga. 

    • Mencegah Terjadinya Kebocoran

    Fungsi lain dari gasket adalah mencegah terjadinya kebocoran. Gasket ini adalah lempengan yang menghubungkan bagian tutup atau kepala dengan tabung silinder. Jika hanya tutup dan tabungnya saja maka cairan bisa merembes. 

    Rembesan cairan ini bisa berakibat buruk bagi performa mobil. Apalagi komponen di dalam mobil itu disusun berdekatan jadi kalau ada cairan yang rembes bisa langsung merusak komponen lain. 

    • Menyambung Blok Mesin dengan Kepala Silinder

    Fungsi lain dari gasket yaitu menjadi bagian yang menyambungkan blok mesin dengan kepala silinder. Gasket akan membuat sambungan di antara dua bagian ini jadi tertutup rapat tanpa celah. 

    Jenis Gasket

    Ada beberapa jenis gasket yang digunakan di sebuah mobil. Berikut adalah ragam jenis gasket mobil yang banyak beredar di pasaran:

    • Flat Gasket: jenis gasket yang bentuknya flat dan digunakan untuk bidang yang permukaannya datar.
    • Metal C-ring: gasket yang dipakai di tekanan rendah dan cocok untuk media kecil. 
    • Metal U-ring: gasket untuk tekanan tinggi, kurang lebih 12 ribu Psi. 
    • Metal O-ring: tipe gasket yang bisa diisi dengan tekanan atau temperatur tinggi. 
    • Spiral Wound: jenis gasket yang hanya dapat dipakai satu kali dan biasanya ditemukan di kasus temperatur tinggi. 
    • Metal Spring-energizing Ring: gasket yang biasa digunakan di media yang berukuran besar. 

    Kendaraan Anda harus menggunakan tipe gasket yang tepat. Tentunya setiap komponen juga bisa menggunakan jenis gasket yang berbeda. Oleh sebab itu penting sekali untuk benar-benar diperhatikan.