Berita

    Ketahui Fungsi Oil Pan Dalam Mobil.

    Oil pan adalah bagian mesin mobil terpenting yang bertanggung jawab dalam komposisi pelumasan mesin yang terdapat tepat di bawah blok mesin. Seringkali disebut sebagai bak oli, benda ini pun dijuluki dengan istilah kalter untuk sejumlah orang.

    Teruntuk Anda yang cukup sering mengganti oli mobil sendiri mungkin telah tidak asing lagi dengan benda ini, sebab letak baut penguras oli atau posisi sumbat terdapat di tempat ini.

    Anatomi oil pan mobil

    Sesuai dengan namanya, bentuk benda ini selayaknya wadah penampungan. 

    Untuk bahannya sendiri, bak oli ini disusun dari alumunium atau baja yang ditempatkan langsung pada blok silinder bawah dengan baut dan guna mencegah kebocorannya, ia dilapisi menggunakan perpak atau seal.

    Demi menjaga oli dari kemiringan ketika mobil miring, terdapat sebuah sekat, sehingga pompa oli dapat tetap memompa oli untuk ke atas dan melumasi semua komponen mesin.

    Seperti yang telah tersebut sebelumnya, terdapat baut penguras oli tepat pada bagian samping atau bawah bak oli. 

    Penguras oli bertanggung jawab untuk mengeluarkan oli lama dan memperbaharuinya dengan oli baru yang dituangkan ke dalam mesin lewat lubang pengisian oli yang pada umumnya terletak pada bagian atas sebuah mesin.

    Fungsi oil pan

    Singkatnya, fungsi bak oli adalah sebagai penampung oli mesin yang dipakai untuk melumasi semua komponen mesin, akan tetapi fungsi bak oli bukanlah itu saja. Terdapat 3 fungsi penting bak oli yang sebaiknya Anda ketahui untuk menambah wawasan tentang otomotif.

    Jadi apa sajakah 3 fungsi tersebut? Berikut ini penjelasannya.

    • Sebagai penampung oli mesin

    Fungsi pertama oil pan dalam mesin mobil dan paling fundamental adalah sebagai penampung semua oli mesin yang dipakai. Oleh karena itu, bak oli ini sering dijuluki juga sebagai bak penampungan atau panci oli.

    Lazimnya, bak oli ini mempunyai bentuk berundak dan bagian yang terdalam atau paling cekung dapat diletakkan saringan oli atau oil strainer yang terkait langsung dengan pompa oli mesin. 

    Nah, dalam bagian bak oli cekung ini, oli mesin ditampung sepenuhnya.

    Kemudian, oli mesin yang telah ditampung bak oil selanjutnya dapat disebarkan pada seluruh saluran koordinasi pelumasan mesin lewat saringan, pompa, hingga semua komponen dan juga saluran dalam koordinasi pelumasan.

    Setelah semua komponen dalam mesin dilumasi dengan oli, lantas oli tersebut dapat jatuh dan ditampung lagi menggunakan bak oli guna kemudian disiapkan dan disirkulasikan kembali.

    • Sebagai wadah saluran pembuangan oli mesin