Berita

    Ketahui Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip & Berkedip Lebih Cepat

    Lampu sein mobil berkedip cepat pasti menandakan sesuatu. Lampu sein memiliki peranan yang amat penting saat berkendara. Terutama ketika Anda akan berbelok atau mendahului kendaraan yang lain. Lampu sein berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lain.

    Lalu, bagaimana jika lampu sein pada mobil Anda tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak menyala sama sekali. Tentu ini akan membahayakan Anda dan pengguna jalan yang lain saat akan berbelok.

    Berbelok tanpa memberi tanda terlebih dahulu bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Untuknya jangan biarkan lampu sein pada mobil Anda tidak bekerja optimal. Anda bisa simak ulasan berikut untuk mengetahui penyebab apa saja yang bisa membuat lampu sein pada mobil Anda bermasalah.

    Inilah Penyebab Lampu Sein Mobil Berkedip Cepat 

    Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat lampu sein mobil Anda berkedip lebih cepat atau bahkan tak berfungsi seperti semestinya.

    • Soket Mengalami Korsleting

    Penyebab pertama lampu sein pada mobil Anda tidak menyala yaitu soket mobil mengalami korsleting. Di mana soket adalah tempat untuk menaruh bohlam lampu sein.

    Soket yang mengalami korsleting bisa disebabkan karena adanya kotoran atau debu yang menempel dan tidak kunjung dibersihkan. Sehingga kinerja soket menjadi bermasalah.

    Penyebab lain soket tidak berfungsi dengan baik yaitu karena pemasangannya yang kurang tepat. Sehingga soket longgar dan membuatnya tidak bekerja optimal.

    • Lampu Bohlam Sein Putus

    Lampu sein mobil berkedip cepat lalu jadi tidak akan menyala salah satu penyebabnya yaitu karena lampu bohlamnya yang putus. 

    Lampu bohlam yang terputus bisa diakibatkan karena adanya tegangan listrik yang terlalu besar atau kecil, sehingga membuat komponen satu ini cepat rusak. Atau juga bisa karena penggunaan atau pemasangannya yang tidak tepat.

    Pemilihan lampu bohlam untuk lampu sein mobil Anda juga tidak kalah penting. Karena pemilihan bohlam lampu yang sembarangan bisa jadi membuat kinerja lampu sein tidak optimal karena kualitas bohlamnya yang kurang bagus.

    Oleh karenanya untuk mengganti lampu bohlam pada sein mobil Anda perlu dilakukan oleh ahlinya. Anda bisa menggantinya di bengkel supaya pemasangan dan jenis bohlam yang digunakan telah sesuai dengan standar.

    • Sistem Kelistrikan Mengalami Korsleting

    Penyebab ketiga lampu sein mobil berkedip cepat yaitu sistem kelistrikan pada mobil Anda mengalami gangguan atau korsleting. Hal ini membuat arus listrik tidak berjalan dan tentu saja membuat lampu sein tidak bisa menyala atau bahkan berkedip dengan cepat.