Berita

    Power Window Macet? Intip Cara Mengatasinya

    Kini semua mobil keluaran terbaru sudah menggunakan power window, untuk membuat kaca mobil naik dan turun secara otomatis. Cukup tekan tombol up dan down pada samping pintu, kaca mobil pun bisa Anda buka serta tutup dengan mudah. 

    Sistem ini termasuk salah satu fitur praktis yang sangat membantu pengemudi dan penumpang mobil. Namun dibalik kecanggihannya, fitur ini juga seringkali mengalami kendala yang membuat kaca mobil macet sehingga terasa sulit saat dibuka tutup. 

    Cara Mengatasi Power Window yang Macet

    Ada beberapa faktor penyebab yang bisa membuat fitur otomatis kaca mobil jadi macet. Mulai dari bagian rel kaca yang kotor, penggunaan yang kurang bijak, sampai rusaknya salah satu komponen dalam sistem. 

    Kaca mobil yang sulit untuk dibuat naik dan turun, pasti membuat pengalaman mengemudi jadi kurang nyaman. Anda kesulitan untuk membayar karcis parkir atau biaya masuk tol. 

    Karena itulah jika kaca mobil terasa sudah mati total atau power window macet, segera cek kondisi jendela mobil. Anda bisa melakukan 3 hal dibawah ini untuk mengatasi kaca mobil yang macet:

    • Mengganti Saklar

    Saklar atau switch adalah komponen yang pengguna kendaraan tekan untuk membuat kaca naik dan turun. Terdapat tiga perintah pada saklar ini, yaitu window down, window up, dan off. 

    Penyebab saklar power window rusak bisa dari penggunaannya yang kurang bijak. Misalnya Anda terlalu sering menaikkan dan menurunkan kaca mobil atau sengaja memainkan fitur ini. 

    Namun, bisa juga karena ada konsleting pada saklar akibat adanya hubungan arus pendek. Karena fitur ini menggunakan energi listrik untuk dapat menggerakkan kaca secara otomatis.

    Bila saklar-saklar ini rusak, Anda tentu tidak akan bisa membuka kaca pintu mobil. Jika setelah pemeriksaan diketahui bahwa sumber masalah macetnya kaca mobil ada pada saklar, maka Anda perlu menggantinya dengan saklar baru.

    Harga saklar kaca mobil berbeda, tergantung saklar pintu bagian mana yang rusak. Apakah driver switch yang ada pada kursi pengemudi. Atau passenger switch yang ada di dekat kursi penumpang. 

    • Menyemprotkan Silicon Spray

    Salah satu penyebab yang membuat kaca mobil macet saat dibuka adalah menumpuknya kotoran pada rel kaca. Kotoran tersebut berasal dari debu dan partikel kecil di jalanan.