Berita

    Washer Mobil: Fungsi, Komponen & Cara Kerja Lengkap

    Tahukah Anda? Bila menggunakan wiper saja tidak akan cukup untuk membuat kaca depan tampak bersih. Washer mobil adalah solusinya. Apa yang dimaksud dengan bagian dan fungsi washer pada mobil, dan bagaimana cara kerjanya? 

    Washer pada mobil itu sendiri terdiri dari 5 bagian dengan berbagai kegunaan, model serta fitur lainnya. Cari tahu bagaimana masing-masing bagian ini beroperasi dan berfungsi untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang washer pada mobil.

    Fungsi Washer Mobil

    Secara umum, washer digunakan untuk meningkatkan kinerja wiper. Jika ada kotoran yang menempel pada kaca, washer mobil memiliki fitur yang menyemprotkan larutan pembersih ke dalam tangki untuk membantu membersihkannya.

    Washer pada mobil ini terletak di kaca depan dan belakang, jika Anda bertanya di mana letaknya. Biasanya, ada kotoran yang mengering pada kaca itu sendiri yang tidak bisa dibersihkan dengan wiper saja. Inilah tujuan sebenarnya dari washer pada mobil, yaitu sebagai bahan pembersih mesin cuci akan membuat kaca lebih bersih.

    Bahan pembersih dari washer ini juga membantu mengoptimalkan hasil sekaligus mempermudah wiper dalam membersihkan kaca depan dan belakang mobil. Selain itu, ini sangat mudah digunakan; yang harus Anda lakukan adalah menarik sakelar pembersih (Wiper Button) agar washer mengikuti gerakan wiper.

    Komponen Washer Mobil

            1. Washer Tank

    Tangki washer berbentuk kotak dengan selang yang terhubung. Komponen ini berfungsi sebagai reservoir untuk larutan pembersih kaca depan. Tergantung di mana tangki diposisikan, benda ini juga memiliki bentuk yang bervariasi.

            2. Motor Washer

    Motor washer adalah alat yang menggerakkan washer mobil. Bentuknya yang dihubungkan dengan tangki washer menyerupai selang berwarna hitam.

    Peran dari elemen washer ini adalah untuk mengoperasikan pompa, sehingga washer akan memberikan dorongan ke cairan atau larutan pembersih dari tangki mesin.

    Ada dua jenis motor washer mobil yang paling umum dipakai, yaitu: 

    • Wound Motor : Kumparan tunggal yang menghasilkan gaya elektromagnetik. 
    • Ferrite Magnet : Medan magnet yang dihasilkan oleh magnet permanen.

            3. Nozzle

    Lubang semprot atau nosel adalah elemen kedua. terbuat dari pipa tembaga-aluminium (resin) dengan satu atau dua lubang di ujungnya dengan diameter antara 0,8 dan 1,0 mm. Namun, fungsi nosel adalah menyemprotkan larutan pembersih kaca.