Berita

    Featured Image

    Aksesoris Mobil Ini Bisa Bikin Mobil Jadi Kelihatan Alay

    Ada banyak pilihan spare part mobil yang bisa dipilih untuk memperkeren tampilan kendaraan. Tapi ingat jangan sampai salah pilih aksesoris agar tampilan mobil tidak terlihat berlebihan dan terkesan norak.

    Selain itu, perhatian juga standarisasinya agar tidak mengganggu performa mesin dan bodi mobil. Jika ingin melakukan modifikasi sebaiknya hindari beberapa aksesoris berikut agar mobil tidak terlihat aneh. 

    Spare Part Mobil yang Bikin Mobil Terkesan Norak

    • Emblem Mobil Sport Palsu

    Di Indonesia pengguna emblem palsu tergolong cukup banyak karena dianggap keren bagi sebagian orang. Padahal hal tersebut justru membuat mobil terkesan norak karena menggunakan emblem yang tidak sesuai dengan jenis mobilnya. 

    Contohnya memasang emblem AMG di mobil MPV, hal ini tidak akan membuat mobil terlihat mewah dan keren. 

    • Aksesoris Audio yang Berlebihan

    Meng-upgrade komponen audio mobil boleh saja dilakukan asal tidak berlebihan hingga mengganggu sistem kelistrikan mesin. Memasang speaker secara berlebihan tidak hanya mengganggu performa mesin tapi juga membuat mobil terkesan norak. 

    • Lampu HID/LED 

    Memasang rangkaian lampu HID/LED di bodi dan bagian bawah lampu mobil sempat menjadi tren beberapa waktu lalu. 

    Jika Anda ingin mempertahankan kesan elegan sebaiknya jangan lakukan hal ini. Karena memasang aksesoris lampu secara berlebihan justru akan membuat mobil terkesan aneh.

    • Air Intake Palsu

    Spare part mobil  yang harus dihindari selanjutnya yaitu memasang air intake palsu di bagian atas kap mesin mobil. Modifikasi ini biasanya dilakukan agar mobil terkesan keren layaknya mobil mewah. 

    Tapi sayangnya modifikasi ini tidak akan membuat orang-orang kagum, justru mereka akan memandang Anda terlalu memaksakan diri agar terlihat keren. 

    • Tutup Kaliper Rem Palsu

    Hal selanjutnya yang sebaiknya tidak dilakukan yaitu memasang tutup kaliper rem palsu dari merek ternama. Modifikasi ini biasanya dilakukan dengan mengecat tutup kaliper bawaan mobil lalu menempelkan stiker merek rem ternama agar mobil terlihat keren.

    Mungkin ada beberapa orang awam yang percaya bahwa kaliper rem tersebut buatan produsen terkenal yang harganya sangat mahal. Tapi orang yang paham otomotif pasti tahu jika itu palsu dan kemungkinan mereka akan tertawa saat melihatnya.  

    • Cutting Sticker yang Tidak Tepat

    Orang-orang yang masih pemula di dunia modifikasi biasanya akan menggunakan cutting sticker untuk menambah estetika mobilnya. 

    Aksesoris ini bisa menjadi jalan pintas yang tepat untuk orang-orang yang ingin mengubah tampilan mobil tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

    Cutting Sticker yang Tidak TepatPexels.com

    Selain itu, prosesnya tidak terlalu rumit dan bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat sehingga lebih hemat waktu dan uang. 

    Meskipun demikian, tidak semua pemasangan cutting sticker memberikan hasil yang bagus. Terkadang justru membuat tampilan eksterior mobil terlihat aneh dan norak karena pemilihan stiker yang kurang tepat. 

    Contohnya, Anda memiliki kendaraan Suzuki Ayla tapi memasang cutting sticker bertuliskan ‘TRD Sportivo’ di bodi mobil. Pemilihan tema stiker sangat berpengaruh pada tampilan mobil jadi sebaiknya jangan asal memilih agar tidak terkesan norak dan alay.

    Sebelum menambah aksesoris sebaiknya pikirkan secara matang terlebih dahulu agar tidak merusak tampilan mobil. Akan lebih baik lagi jika memilih aksesoris dan spare part mobil yang sesuai dengan jenis dan tipe kendaraan Anda.