Berita

    Bagian-Bagian Mobil yang Wajib Diketahui Pemula

    Tidak hanya bisa mengemudi, seorang pemilik mobil juga sebaiknya menguasai dan memahami bagian-bagian mobil. Ini menjadi pengetahuan dasar yang memang penting untuk dimiliki agar pemilik mobil tahu cara pemakaian dan perawatannya. 

    Pada dasarnya mobil terdiri dari banyak jenis komponen. Ada banyak bagian dalam mobil yang perlu dipahami agar Anda bisa memberi perawatan secara optimal dan mobil dapat bekerja dengan lancar. 

    Bagian-Bagian Mobil 

    Jika disebutkan satu per satu, ada banyak sekali bagian mobil yang bisa Anda temukan. Berikut ini akan dibahas beberapa jenis bagian mobil yang paling penting dan wajib untuk dipahami khususnya para pemula. 

    • Start Engine

    Tentu seorang pengemudi harus paham bagian start engine. Ini merupakan kunci kontak yang posisinya ada di bagian dashboard. Bagian ini menjadi tempat dimana Anda memasukkan kunci mobil dan menyalakan kendaraan. 

    Beberapa jenis mobil keluaran baru memang sudah tidak menggunakan kunci kontak. Jadi hanya cukup menekan tombol untuk membuat mesin menyala dan kendaraan berjalan. 

    • Tuas Transmisi

    Selanjutnya ada bagian tuas transmisi yang fungsinya adalah untuk menggerakkan mobil. Selain itu tuas transmisi ini juga dipakai untuk menambah kecepatan saat berkendara. 

    • Setir Kemudi

    Sudah pasti akan selalu ada setir kemudi atau steering wheel di dalam mobil Anda. Ini merupakan bagian penting yang akan dipakai untuk mengarahkan gerak mobil dan harus dikuasai dengan baik oleh pengemudi. 

    • Laci Dashboard

    Pada bagian dashboard mobil akan selalu ada laci yang ukurannya bisa bervariasi untuk berbagai tipe mobil. Laci dashboard ini berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan berbagai jenis keperluan mobil. 

    • Head Unit

    Lanjut ke bagian berikutnya ada head unit yang terletak di bagian dashboard dan berfungsi untuk menyalakan atau mengaktifkan berbagai jenis fitur. Tentunya fitur yang tersedia berbeda-beda tergantung jenis mobil yang Anda gunakan. 

    Pexels
    • Lampu Indikator

    Setiap bagian-bagian mobil punya peran penting yang berbeda. Begitu juga dengan lampu indikator yang sangat berpengaruh pada keselamatan ketika berkendara.