Berita

    Featured Image

    Bagian yang Rawan Karat Jika Mobil Terkena Banjir

    Waspada terhadap bagian mobil rawan karat saat berkendara melewati banjir! Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Bila dibiarkan, karat dapat memicu penurunan kualitas dan performa pada mobil Anda.

    Oleh sebab itu, perhatikan berbagai bagian mobil yang rawan terhadap karat berikut ini sehingga Anda lebih berhati-hati saat banjir:

    Ini Bagian Mobil Rawan Karat Jika Terkena Banjir

    Umumnya, berbagai bagian mobil di bawah ini akan lebih cepat mengalami karat saat terkena air banjir dan perlu mendapatkan perhatian ekstra:

    • Sistem Suspensi Mobil

    Letak sistem suspensi pada mobil dekat ke tanah sehingga jika terkena banjir komponennya akan terpapar air dan berkarat. Contoh komponen tersebut adalah peredam kejut serta pegas koil. 

    Namun, sebenarnya semua bagian dari sistem suspensi pada mobil memang rentan terhadap karatan. Itulah mengapa, bagian ini yang paling memerlukan perhatian ekstra saat mobil Anda bawa melewati banjir.

    • Sistem Pengereman

    Komponen yang terdapat pada sistem pengereman mulai dari cakram rem, silinder roda, sepatu rem, hingga kaliper rem. Terdapat karat pada bagian tersebut cukup normal. Tetapi, akan bertambah parah kerusakannya bila terkena banjir dan tidak diperbaiki dengan segera. 

    Sistem Pengereman berkarat

    Ini mengingat karatan mudah dan cepat sekali bertambah parah kondisinya. Sangat penting memberikan perhatian ekstra pada berbagai komponen tersebut dengan segera melakukan servis atau penggantian.

    • Titik Las dan Engsel

    Bagian mobil rawan karat selanjutnya adalah titik las dan engsel mobil. Ini membuat timbulnya rongga kecil pada bagian bawah permukaan mobil. Ketika mulai terkena elemen korosif serta kelembapan, maka kerusakan akibat karat akan menyebar secara cepat.

    • Ruang Mesin Mobil

    Bila banjir cukup tinggi, maka air pun akan memasuki ruang mesin. Karat akan timbul pada ruang mesin mobil jika bekas-bekas banjir tidak Anda bersihkan dengan teliti. 

    Itulah mengapa, lakukan pembersihan komponen mesin dengan seksama dan hati-hati agar tidak terjadi karat pada ruang mesin. Anda bisa menggunakan alat seperti lap microfiber untuk membersihkan komponen mesin tersebut.

    Lalu, hindari pembersihan ruang mesin dengan air bertekanan tinggi. Ini hanya akan menimbulkan masalah lain pada sistem kelistrikan mesin mobil.

    • Bagasi dan Pintu Mobil

    Area pada mobil yang juga rawan terhadap karat adalah bagasi dan pintu mobil. Khususnya pada bagian tepi dan dekat engsel. Bila terkena banjir, maka karat akan cepat timbul saat bekas banjir tidak Anda bersihkan dengan baik.

    Hal tersebut karena bagian pintu dan bagasi mobil perlu terjaga tetap kering dan bersih demi mempertahankan kualitasnya. Lalu, pastikan komponen yang berfungsi sebagai penahan cuaca pada mobil di sekitar bagasi dan pintu berfungsi dengan baik. 

    Jika karat terlanjur muncul, maka segera lakukan penggantian pada komponen yang terdampak karat. Anda juga bisa menggunakan bahan penghambat karat untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

    • Kaki-kaki Mobil

    Komponen seperti shockbreaker hingga pipa dari besi jadi bagian pada kaki mobil yang rentan karat. Terlebih bila terpapar air banjir yang penuh lumpur. 

    Bila terkena banjir, sebaiknya segera bilas komponen tersebut dengan air bertekanan tinggi. Ini demi mencegah karat timbul sekaligus membersihkannya dari pasir atau lumpur yang menempel.

    Berbagai bagian mobil rawan karat tersebut merupakan komponen yang perlu Anda beri perhatian ekstra ketika terkena banjir. Jangan biarkan karat menyebar dan membuat kualitas komponennya menurun. Jadi, segera lakukan pembersihan agar tidak timbul karat.

    Untuk informasi menarik lainnya seputar otomotif, temukan hanya di laman https://suzukicintadamai.co.id/