Berita

    Belum Tentu Benar! 10 Mitos Mengenai Mobil SUV

    Sport Utility Vehicle (SUV) adalah salah satu jenis mobil yang memudahkan pengendara untuk menghadapi lalu lintas dengan kondisi cuaca atau medan jalan ekstrem. Namun masih banyak mitos mengenai mobil SUV yang beredar dan jauh dari fakta kebenarannya.

    Maka dari itu, penting untuk mengecek terlebih dahulu suatu anggapan masyarakat yang belum tentu benar secara keseluruhan. Terlebih ini akan membuat Anda semakin ragu dalam memilih tipe mobil sesuai keinginan.

    Mitos Mengenai Mobil SUV dan Fakta Kebenarannya

    Berikut rangkuman tentang mitos dari mobil SUV yang banyak dibicarakan orang. Lantas bagaimana fakta yang sebenarnya?

    • Boros Bahan Bakar

    Salah satu mitos paling umum tentang  mobil SUV adalah bahan bakar yang lebih boros dari jenis mobil lainnya. Seiring perkembangan teknologi otomotif, produsen mobil SUV ini sudah banyak mengembangkan inovasi terutama pada efisiensi bahan bakar mobil.

     

    apakah suv boros

    Saat ini sudah banyak model mobil baru yang dilengkapi dengan sistem manajemen bahan bakar canggih. Tentunya, ini dapat meminimalisir konsumsi bahan bakar lebih yang akan mempengaruhi dampak lingkungan.

    • Tidak Cocok Perjalanan Jauh

    Beberapa orang beranggapan jenis mobil SUV tidak cocok digunakan untuk perjalanan lintas kota alias jarak jauh. Padahal, banyak model SUV yang dirancang dengan desain lebih nyaman serta peningkatan performa untuk perjalanan jauh.

    Sistem suspensinya pun lebih canggih dengan kenyamanan interior yang mampu menciptakan perjalanan lebih menyenangkan. Selain itu, fitur keselamatannya juga sudah lebih lengkap dengan teknologi lebih canggih.

    • Tidak Ramah Lingkungan

    Mitos mengenai mobil SUV selanjutnya adalah persepsi terkait kendaraan yang tidak ramah lingkungan. Meski beberapa SUV konvensional memiliki jejak karbon lebih besar, namun seiring perkembangan zaman, produsen mobil juga sudah mulai menggeser dengan menghadirkan inovasi mobil yang ramah lingkungan.

    Salah satu mobil SUV yang ramah lingkungan adalah mobil hybrid atau listrik yang memiliki minat pasar cukup besar di Indonesia. Dengan menawarkan alternatif yang lebih sahabat, ini juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk dampak lingkungan berkelanjutan.

    • Cocok untuk Off-Road

    Mobil SUV memang terbagi dalam 2 kategori yaitu off-road dan on-road. Namun, bukan berarti semua tipe SUV mampu mengatasi medan off-road yang cukup sulit.

    Meski secara umum, banyak tipe mobil ini dilengkapi fitur khusus seperti penggerak empat roda (4WD) dan perlindungan bawah kendaraan. Hanya saja, mobil khusus on-road lebih berfokus pada performa, kenyamanan, serta keamanan untuk penggunaan sehari-hari saja.

    • Harga yang Sangat Mahal

    Setiap mobil SUV sebenarnya memiliki variasi harga yang cukup beragam sesuai dengan keunggulan fitur yang ditawarkan. Namun anggapan semua mobil SUV dibanderol dengan harga sangat mahal tidak sepenuhnya benar.

    Sebab beberapa mobil dengan model entry level pun cukup terjangkau dengan fitur dan performa mesin yang sebanding dengan harga yang ditawarkan. Mahal atau tidaknya, tentu semua kembali lagi dengan kebutuhan Anda masing-masing.

    • Harus Rajin Dipanaskan

    Mitos mengenai mobil SUV selanjutnya adalah saran untuk mengharuskan mesin mobil agar rajin dipanaskan setiap harinya. Namun, kemajuan teknologi saat ini menjadikan mesin mobil ini dapat dipanaskan dalam beberapa waktu saja.

    Sehingga Anda tidak perlu lama menunggu waktu kapan waktu suhu mesin mobil sudah panas dengan optimal. Mengingat lama waktu mobil dipanaskan juga akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar yang berlebihan.

    • Tidak Andal Menjelajahi Medan

    Beberapa orang mungkin ragu akan keandalan kendaraan ini dalam menjelajahi medan. Padahal beberapa jenis mobil ini sudah memiliki sistem penggerak empat roda atau 4WD sehingga bisa menjelajahi berbagai medan jalan yang sulit.

    • Kapasitas Penumpang Terbatas

    Mitos mengenai mobil SUV selanjutnya adalah anggapan orang yang melihat kendaraan ini hanya bisa menampung penumpang dengan jumlah terbatas. Melihat sebagian banyak mobil jenis SUV dapat diisi setidaknya 4 penumpang di dalam ruang kabinnya.

    Padahal, kini sudah banyak mobil dengan kapasitas penumpang cukup besar seperti Suzuki Grand Vitara. Dengan rancangan yang cukup detail, penumpang bisa tetap merasa nyaman meski mobil melewati medan yang berat.

    • Fitur Kurang Beragam

    Sebagian orang berpikir mobil tipe ini memiliki fitur yang cukup terbatas dan kurang berinovasi terhadap sesuatu yang bisa menciptakan kenyamanan perjalanan. Tentu pernyataan ini sangat salah karena setiap waktunya, produsen mobil SUV selalu tumbuh membangun inovasi terbaru dengan mengikuti minat pasar yang terus berubah.

    Salah satu fitur terbarunya, mobil ini hadir dengan fitur tambahan seperti entertainment yang jarang ditemukan pada mobil off-road biasa. Dengan adanya fitur ini, tentu bisa menciptakan momen perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan.

    • Bagasi Sempit

    Hal ini tentu menjadi salah satu pernyataan yang salah karena pada faktanya banyak model mobil SUV memiliki kapasitas ruang bagasi yang cukup luas. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi jika melakukan pengangkutan banyak barang dalam satu waktu.

    Bahkan jika Anda merasa ruang bagasi masih kurang, Anda bisa melipat kursi bagian belakang. Tentunya proses membawa dan menyimpan barang selama perjalanan akan lebih efisien, bukan?

    • Model Tipe Tidak Bervariasi

    Mobil SUV merupakan jenis mobil sport yang sebenarnya memiliki variasi model atau tipe sangat beragam. Mulai dari tipe compact SUV, yang digunakan untuk penggunaan sehari-hari di lalu lintas perkotaan.

    Kemudian ada juga medium SUV dan luxury SUV yang memberikan pengalaman kenyamanan serta keindahan mobil melalui fitur teknologi yang canggih. Dan ada juga tipe Full-Size SUV yang memiliki performa mesin sangat kuat dan bertenaga besar.

    Dari sini kita bisa membuktikan bahwa model dan tipe mobil SUV sebenarnya sangat bervariasi. Yang tentunya, berbagai fitur dan spesifikasi yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam perjalanan.

    • Desain Kurang Menarik

    Desain mobil SUV dahulunya identik dengan tampilannya yang boxy sehingga terlihat sangat monoton dan kurang menarik. Namun mengingat pergeseran tren dan selera konsumen yang terus berubah, tentunya produsen mobil ini pun sangat mempertimbangkan untuk memilih desain mobil yang tepat.

    Saat ini sudah banyak pilihan mobil SUV dengan variasi desain yang lebih stylish dengan mengikuti tren dan minat pasar setiap waktunya. Dan tentunya, desain ini juga memperhatikan kesan kokoh yang menjadi salah satu pesona dari karakteristik mobil SUV itu sendiri.

    Kebanyakan SUV memiliki body unit yang cukup besar agar mampu melalui medan perjalanan dengan maksimal. Hal ini lah yang membuat banyak masyarakat cukup minat terhadap jenis mobil ini karena desain yang lebih berisi.

    Demikian beberapa mitos mengenai mobil SUV yang perlu Anda cek kebenarannya agar bisa mengetahui fakta yang sebenarnya. Hal ini sangat penting dilakukan terutama jika Anda sangat mempertimbangkan untuk menggunakan tipe mobil satu ini.