Fungsi Kaliper Rem Mobil dan Cara Kerjanya.
Apa Fungsi Kaliper Rem Mobil?
Bagi Anda pengendara mobil mungkin sudah begitu mengerti seberapa penting peran rem cakram. Tidak hanya untuk menarik gas mobil, tetapi juga untuk menghentikannya dengan tepat. Jadi, rem ini sangat penting untuk mengendalikan laju mobil. Namun, mungkin Anda belum paham bagaimana cara kerja kaliper rem dalam sistem rem cakram.
Fungsi kaliper rem sendiri untuk mendorong rem cakram agar mobil bergerak lebih pelan sekaligus menyesuaikan letak ban saat mobil berhenti.
Cara Kerja Kaliper dalafkm Sistem Rem Cakram
Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara kerja kaliper, ada baiknya Anda juga harus memahami bagaimana sistem kerja rem cakram dan komponen-komponennya. Pasalnya, kaliper rem mobil merupakan bagian dari komponen sistem kerja rem cakram.
Rem cakram sendiri merupakan salah satu jenis rem yang memanfaat sebuah piringan yang menjepit kedua kanvas untuk memperlambat pergerakan mobil. Kelebihan rem cakram adalah lebih gampang kering dan mempunyai radiasi yang cukup baik.
Selain itu, terdapat pula beberapa kelebihan lainnya diantaranya: memiliki pendingin yang baik, lebih halus saat pengereman karena tidak mengeluarkan bunyi, gampang perawatannya, dan pengereman lebih stabil ketimbang jenis rem lainnya.
Komponen-komponen Rem Cakram dan Cara Kerjanya
Inilah komponen-komponen rem cakram beserta sistem kerjanya agar mobil bisa berhenti dengan sempurna:
- Kaliper
Kaliper rem merupakan bagian yang paling vital dalam sistem kerja rem cakram. Sebab kaliper memiliki peran mendorong piringan agar menjepit ke kampas rem.
Daya dorong kaliper sendiri berupa energi hidrolik yang berasal dari dorongan minyak yang dihubungkan oleh selang.
Secara umum terdapat dua jenis kaliper rem berdasarkan posisinya yaitu fixed dan floating. Jenis kaliper floating biasanya posisi kaliper berada bersebelahan dengan brake caliper. Sementara untuk fixed caliper posisinya menyatu dengan brake caliper.
- Kampas rem
Fungsi utama kampas rem adalah untuk mendorong bagian piringan agar perputaran rem cakram bisa berhenti. sayangnya, kampas rem ini bisa gampang rusak dan aus. Untuk itu, sebaiknya gunakan kampas rem yang berkualitas ya!
- Piringan cakram
Komponen ini langsung terhubung ke bagian roda mobil. Piringan rem inilah yang dijepit oleh kampas agar roda bisa berhenti. Komponen ini biasanya terbuat dari besi, komposit karbon, dan komposit keramik.
Ada dua jenis piringan cakram yaitu ventilated dan solid. Jenis piringan cakram solid memiliki bentuk yang lebih tebal serta daya pengereman yang cukup kuat.
Sementara untuk jenis ventilated mempunyai bentuk yang cukup untuk dan pendingin yang bisa melepaskan panas dengan cepat.
- Brake support caliper
Brake support caliper merupakan wadah untuk memasang kaliper rem agar komponen-komponen kaliper bergerak sesuai tempatnya masing-masing.
- Piston
Terdapat dua komponen piston yaitu piston brake dan seal piston. Piston brake berbentuk tabung yang berfungsi untuk mendorong kampas ke piringan rem agar putaran roda berhenti.
Sementara seal piston berupa minyak yang berfungsi sebagai pendingin. Fungsi lainnya adalah untuk mendorong piston mundur dalam sistem kerja rem cakram.
- Master silinder
Fungsi utama dari master silinder yaitu mengubah tekanan mekanik dari pedal rem menjadi energi hidrolik.
- Pedal rem
Fungsi utama pedal rem yaitu untuk menghidupkan sistem pengereman mobil.
Itulah komponen-komponen rem cakram dan cara kerjanya. Nah, jika kaliper rem dan komponen lainnya ada yang rusak sebaiknya langsung saja dibawa ke bengkel resmi Suzuki. Sebab sistem pengereman mobil ini sangat penting agar Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Untuk anda yang tinggal di wilayah Cirebon, Majalengka, Indramayu, dan Kuningan anda bisa menjadwalkan melalui website di https://suzukicintadamai.co.id/ & dapatkan jadwal yang sesuai dengan keinginan anda.