Berita

    Featured Image

    Rem Mobil Anda Berkarat? Ini Cara Mengatasinya

    Rem mobil berkarat menjadi masalah yang banyak dialami oleh pemilik mobil. Biasanya hal ini terjadi ketika musim hujan tiba dan kurangnya perawatan mobil Anda. Seperti yang Anda ketahui bahwa fungsi rem mobil sangat penting, jika fungsi tidak optimal maka akan berbahaya.

    Maka dari itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi rem mobil yang berkarat. Tujuannya, agar Anda mendapatkan informasi penting bagaimana cara mencegah agar rem mobil tidak rusak dan membahayakan pengemudi dalam jangka waktu tertentu.

    Penyebab Rem Mobil Jadi Berkarat

    Sebelum membahas tentang cara mengatasi rem mobil yang berkarat, Anda juga wajib mengetahui berbagai penyebabnya.

    Rem mobil terdiri dari piringan cakram yang terbuat dari besi tuang (cast iron). Sama seperti sifat besi lainnya jika terkena cairan lama-kelamaan akan berkarat.

    Selain itu, rem mobil yang terkena cairan garam seperti air hujan terus-menerus akan membuat cakram mobil karatan. Penyebab berikutnya adalah terkena air embun karena mobil terlalu lama terparkir di luar ruangan.

    Memang saat ini terdapat cakram rem yang terbuat dari keramik yang dijamin anti karat. Namun, harga cakram berbahan keramik tentu jauh lebih mahal daripada cakram berbahan besi. Maka dari itu, cakram rem mobil yang terbuat dari besi masih menjadi pilihan popular pemilik mobil.

    4 Cara Mengatasi Rem Mobil Berkarat

    Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, maka selanjutnya adalah mengetahui cara mengatasi rem mobil yang berkarat. Sebenarnya, mengatasi rem mobil yang berkarat cukup mudah dan dapat dilakukan secara mandiri.

    Namun, untuk kasus cakram rem mobil yang parah, tentu Anda perlu membawanya ke bengkel atau teknisi profesional. Berikut ini cara mengatasi rem mobil yang berkarat:

    • Jalankan Mobil Anda

    Cara mengatasi rem mobil berkarat yang paling mudah pertama adalah menjalankan mobil Anda. Anda cukup memanaskan dan mengendarai mobil Anda dalam jarak dekat. 

    Karena memanaskan mobil Anda dan mengendarainya cukup membuat karat pada cakram rem akan terkikis.

    Seperti yang Anda ketahui bahwa salah satu penyebab cakram rem berkarat adalah mobil yang jarang dikendarai. Maka dari itu, untuk mengatasi rem mobil yang berkarat, setidaknya Anda menjalankan mobil sekali dalam seminggu.

    • Lakukan Servis Kampas Rem

    Untuk kasus cakram rem berkarat yang parah, tentu Anda wajib melakukan servis di bengkel resmi. Karena apabila kondisi rem mobil yang berkarat sudah parah, tentu satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah mengganti cakram rem.

    Maka dari itu, sebelum hal ini terjadi sebaiknya Anda melakukan servis rutin mobil Anda di bengkel resmi.

    Melakukan pengecekan rutin kampas rem, besi cakram rem dan komponen rem lainnya secara rutin sangatlah penting. Salah satu tujuannya untuk mencegah rem mobil karatan.

    • Atasi dengan Surface Treatment

    Mengatasi rem mobil berkarat berikutnya adalah dengan surface treatment yang mana dapat mengatasi bercak karatan pada cakram. Salah satu bentuk surface treatment yang dapat Anda lakukan adalah pencucian mobil.

    Ketika mobil Anda dicuci, bagian-bagian permukaan mobil termasuk komponen rem tentu akan dibersihkan. Hal ini dapat mengatasi permasalahan rem berkarat tingkat ringan.

    Atasi dengan Surface TreatmentFreepik.com

    Maka dari itu, dalam seminggu sekali, setidaknya Anda mencuci mobil, terlebih jika musim hujan tiba.

    • Cuci dan Gosok Bagian Cakram

    Cara terakhir adalah mencuci dan menggosok bagian cakram secara rutin. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa mencuci mobil akan membantu komponen rem terhindar dari karatan. Begitu pula menggosok bagian cakramnya.

    Anda cukup menggosok bagian cakram rem yang berkarat dengan lap lembut. Pastikan jika Anda tidak terlalu keras menggosoknya karena dapat mengikis cakram rem dan memengaruhi kondisi pengereman kendaraan.

    Itulah berbagai cara mengatasi rem mobil berkarat yang dapat Anda lakukan secara mandiri atau dengan bantuan bengkel resmi. Menjaga komponen rem dalam kondisi prima wajib agar Anda dapat berkendara lebih aman dan nyaman.