Berita

    Featured Image

    Gigi Transmisi Loncat? Ini Penyebab dan Solusinya

    Pengemudi mobil bertransmisi manual mungkin sering mengalami masalah gigi transmisi loncat. Ini merupakan kondisi dimana terjadi perpindahan transmisi ke posisi netral secara mendadak. 

    Perlu diketahui bahwa hal ini bisa menjadi masalah yang terlihat sepele padahal cukup berbahaya jika dibiarkan saja. Gigi loncat bisa menjadi tanda bahwa sistem transmisi mobil Anda perlu perawatan lebih lanjut. 

    Penyebab Gigi Transmisi Loncat

    Masalah gigi loncat yang dibiarkan begitu saja bisa memicu kerusakan lebih parah. Anda bisa mengambil solusi terbaik jika tahu apa saja faktor penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya gigi loncat yang perlu Anda ketahui. 

    • Kerusakan Roda Gigi

    Penyebab pertama adalah adanya kerusakan pada roda gigi. Roda gigi transmisi memiliki peran penting dalam mengubah kecepatan dan torsi mesin ke roda. Jika roda gigi rusak maka gigi transmisi bisa loncat. 

    • Gangguan Synchromesh

    Masalah gigi loncat juga bisa terjadi karena ada gangguan pada synchromesh. Synchromesh merupakan sebuah proses yang memungkinkan terjadinya perpindahan gigi tanpa ada suara. 

    Demi mencapai proses ini, maka roda gigi harus bisa bergerak di kecepatan yang sama sebelum akhirnya menyatu. Apabila terjadi gangguan synchromesh maka perpindahan gigi jadi lebih sulit. 

    • Setelan Kopling Kurang Tepat

    Penyebab lain dari gigi transmisi loncat adalah setelan koplingnya kurang tepat. Hal ini biasanya akan memicu transmisi sulit masuk. Lebih baik ubah pijakan kopling jadi lebih dangkal untuk mencegah gigi loncat. 

    • Kerusakan Blocking Ring

    Adanya kerusakan pada komponen blocking ring juga bisa memicu gigi loncat pada sistem transmisi. Blocking ring merupakan bagian penting yang akan memastikan gigi berpindah dengan halus. 

    Jika terjadi kerusakan pada komponen ini maka perpindahan gigi tidak berjalan lancar. Bisa jadi gigi transmisi juga tiba-tiba loncat dari posisinya. 

    • Muatan Mobil Berlebih

    Ternyata mengangkut beban yang berlebihan di dalam mobil juga bisa memicu gangguan pada sistem transmisi. Gigi transmisi bisa loncat dari posisinya karena beban yang dibawa oleh mobil melebihi kapasitas. 

    Cara Mengatasi 

    Cara Mengatasi gigi mobil loncat

    Tentunya masalah gigi loncat ini perlu diatasi dengan langkah-langkah yang tepat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gigi loncat pada sistem transmisi mobil Anda.

    • Ganti Komponen yang Sudah Rusak

    Tentu saja Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab gigi loncat. Jika penyebabnya adalah kerusakan pada komponen mobil maka segera lakukan penggantian. 

    Gantilah komponen mobil yang mengalami kerusakan dan sudah aus. Artinya komponen tersebut sudah tidak layak dipakai dan harus segera diganti baru agar tidak terjadi masalah pada sistem transmisi. 

    • Lakukan Perawatan

    Penting sekali untuk melakukan perawatan secara rutin agar bisa mencegah masalah gigi loncat. Jika memang sudah terlanjur terjadi maka lakukan perawatan yang tepat untuk mengatasinya di bengkel yang tepercaya. 

    • Gunakan Mobil dengan Baik

    Setelah sistem transmisi berfungsi normal dan masalah gigi loncat teratasi, pastikan Anda memakai mobil dengan baik. Cara mengemudi dan cara pemakaian mobil ternyata juga bisa berpengaruh pada sistem transmisi. 

    Misalnya saja, sebelum Anda meningkatkan kecepatan mobil pastikan untuk mengganti gigi dengan lembut agar gigi benar-benar masuk. Selain itu Anda juga bisa mulai membiasakan mempercepat maupun memperlambat mobil dengan halus.