Berita

    Featured Image

    Kebiasaan saat Mengisi Bahan Bakar yang Merusak Mesin Mobil

    Sebagai pemilik kendaraan, penting memahami tips mengisi bahan bakar mobil. Sebab, meski mengisi bahan bakar mobil adalah rutinitas yang pasti sering Anda lakukan, ada beberapa kebiasaan yang berdampak buruk pada mesin mobil.

    Meski sepele, kebiasaan ini bisa berakibat fatal! Sehubungan dengan hal tersebut, Artikel ini akan membahas kebiasaan buruk saat mengisi bahan bakar mobil. Jadi, ikuti informasinya sampai akhir!

    Catat! Ini Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Mengisi Bahan Bakar 

    Ada beberapa hal yang harus Anda hindari saat ingin mengisi BBM kendaraan. Hal ini supaya mobil kesayangan Anda tidak mengalami kerusakan. Berikut ini tipsnya!

    • Membiarkan Tangki Hampir Kosong

    Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan banyak pengemudi adalah membiarkan tangki bahan bakar hampir kosong sebelum mengisinya kembali. Meskipun tampaknya tidak berbahaya, kebiasaan ini sebenarnya dapat merusak mesin mobil. 

    Saat tangki bahan bakar mendekati kosong, kotoran dan partikel-partikel yang berada di dasar tangki dapat tersedot ke dalam sistem bahan bakar dan menyumbat filter bahan bakar.

    Bisa juga kotoran ini mencapai mesin. Akibatnya, performa mesin menurun dan komponen-komponen mesin dapat mengalami keausan lebih cepat.

    Selain itu, membiarkan tangki kosong juga dapat menyebabkan bahan bakar menjadi lebih cepat menguap. Hal ini dapat menimbulkan endapan di dalam tangki yang kemudian akan bercampur dengan bahan bakar yang baru diisi. 

    Kualitas bahan bakar yang masuk mesin akan menurun karena masalah ini. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya terapkan tips mengisi bahan bakar mobil ketika sisa seperempat tangki.

    • Mengisi Bahan Bakar Sembarangan

    Kualitas bahan bakar sangat berpengaruh pada performa dan kesehatan mesin mobil. Mengisi bahan bakar di stasiun yang tidak terjamin kualitasnya dapat membawa risiko bahan bakar tidak sesuai standar. 

    Bahan bakar yang terkontaminasi air, kotoran, atau zat-zat lain dapat menyebabkan berbagai masalah pada mesin. Seperti penyumbatan pada injektor, filter, dan saluran bahan bakar.

    mengisi bahan bakar sembaranganFreepik.com

    Hal ini dapat mengakibatkan mesin mobil menjadi tidak bertenaga, sulit dihidupkan, atau bahkan mogok.

    Tips mengisi bahan bakar mobil yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih stasiun pengisian yang tepercaya dan memiliki reputasi baik.

    Hindari mengisi bahan bakar di pedagang eceran di pinggir jalan. Sebab pedagang ini belum tentu bisa menjamin kualitas dan keamanan bahan bakar.

    • Tidak Menutup Rapat Tutup Tangki Bahan Bakar

    Kebiasaan lain yang sering diabaikan adalah tidak menutup rapat tutup tangki bahan bakar setelah mengisi. Meskipun tampak sepele, tutup tangki yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan sejumlah masalah. 

    Pertama, hal ini dapat memungkinkan uap bahan bakar keluar dari tangki. Hal ini tentu saja berbahaya dan juga menyebabkan hilangnya bahan bakar secara perlahan. 

    Kedua, kotoran dan air dapat masuk ke dalam tangki melalui celah tutup yang tidak rapat. Akibatnya bahan bakar jadi terkontaminasi dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada sistem bahan bakar dan mesin.

    Untuk menghindari masalah ini, selalu pastikan menutup rapat tangki bahan bakar. Periksa juga kondisi seal atau karet pada tutup tangki secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran yang terjadi.

    Demikian tips pengisian bahan bakar mobil yang baik dan benar. Meski terlihat sepele, namun hal ini bisa membahayakan pengendara dan juga mesin kendaraan Anda. Untuk itu, pastikan hal ini bisa Anda hindari dengan baik.