Berita

    Ketahui Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil

    Speaker aktif pada mobil merupakan bagian dari aksesoris yang menunjang kenyamanan berkendara. Tertarik untuk pasang speaker aktif di mobil? Namun sebelum itu, ketahui dulu langkah-langkah pemasangannya di bawah ini.

    Pada umumnya, setiap mobil sudah dilengkapi dengan speaker aktif didalamnya. Namun, banyak pemilik mobil yang memodifikasi speaker aktif mobilnya sesuai dengan selera. 

    Karena mereka ingin mendapatkan pengalaman mendengarkan musik dan hiburan lainnya dengan lebih nyaman sambil mengemudi.

    Perlu Anda ketahui bahwa speaker aktif merupakan komponen audio yang bekerja karena adanya dorongan komponen lain. Itulah sebabnya, ada langkah khusus untuk pasang speaker aktif di dalam mobil yang benar.

    Cara-Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil

    Speaker aktif memiliki amplifier yang beroperasi berkat bantuan aliran listrik. Untuk mendapatkan sistem suara yang baik di dalam kabin mobil, ikuti langkah-langkah pemasangannya berikut ini.

    • Siapkan Peralatan yang Diperlukan dan Pahami Komponen Speaker Aktif

    Kenali terlebih dahulu komponen dan peralatan speaker aktif yang akan Anda gunakan untuk mobil Anda. Siapkan komponen speaker aktif mulai dari power amplifier dan subwoofer. Lalu, siapkan peralatan yang akan Anda butuhkan untuk memasangnya.

    Peralatan seperti kunci bintang, selotip, pengupas kabel, obeng kembang, tang potong, pembuka listrik dan kunci sock T merupakan peralatan dasar yang biasanya dibutuhkan. 

    Untuk bagian head unit, Anda bisa gunakan unit bawaan pabrik atau memilih head unit sendiri.

    • Pastikan Jarak Kabel Subwoofer Amplifier Pendek

    Agar proses pasang speaker aktif di mobil lebih mudah, pastikan jarak kabel subwoofer amplifier tidak terlalu jauh. Hal ini berlaku untuk speaker aktif mobil pick up ataupun jenis mobil lainnya. Amplifier akan mengambil daya yang besar dari aki.

    Itu sebabnya, pemasangan komponen ini lebih baik di bagian chasis mobil. Gabungkan kabel remote dengan head unit beserta kabel dan aki mobil.

    • Sambungkan Head Unit dengan Amplifier

    Siapkan head unit yang akan Anda pasangan. Ikuti panduan pemasangan bodi kabel dengan bodi head unit. 

    Jika sudah selesai, masukan output audio pada head unit gabungkan dengan power amplifier audio. Masukan power amplifier pada pintu speaker dan subwoofer saat proses pemasangan selesai.

    Agar suara yang dihasilkan lebih maksimal, lakukan setting pada bagian power amplifier. Setting dual real speaker dan front speaker. Pada bagian front speaker, gunakan High Pass Filter (HPF) untuk mengaturnya.

    • Setting Bagian Rear Speaker