Berita

    Ketahui Cara Penggunaan AC Mobil yang Benar agar Tetap Awet

    Salah satu fasilitas interior mobil yang utama adalah Air Conditioner (AC). Tanpa hal tersebut, Anda akan merasa kurang nyaman dalam berkendara terutama saat siang hari. Untuk menjaga AC mobil tahan lama, ketahui tentang penggunaan AC mobil yang benar di sini.

    Jangan menganggap sepele AC mobil, sebab dapat berisiko cepat rusak apabila Anda tidak mengetahui cara merawatnya. Jika sudah rusak, Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

    Oleh sebab itu, mari simak cara yang bisa Anda lakukan agar dapat menjaga AC mobil tetap awet berikut ini.

    Begini Cara Penggunaan AC Mobil yang Benar

    Terapkan cara-cara di bawah ini untuk menjaga AC mobil Anda tahan lama, sehingga dapat Anda gunakan terus menerus dan tetap merasa nyaman saat berkendara.

            1. Hindari Mengaktifkan AC Saat Suhu Mobil Tinggi

    Pastikan Anda tidak menyalakan air conditioner mobil secara langsung pada saat mobil sedang panas. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka sistem pendingin yang ada di mobil mendapatkan tekanan hingga menyebabkan kompresor AC bekerja berlebihan. 

    Cara mengaktifkan air conditioner yang benar sebaiknya pada saat suhu mobil sudah stabil. Anda dapat membuka jendela mobil untuk menstabilkan suhu di dalamnya, sebab udara panas akan keluar ketika jendela dibuka.        

            2. Tidak Sering Memakai AC di Suhu Maksimal

    Penggunaan AC mobil yang benar bukan dengan mengaturnya pada suhu maksimal terus menerus, melainkan pada suhu wajar dalam durasi tertentu. 

    Sebab AC mobil yang diaktifkan dengan suhu maksimal dalam waktu yang panjang berisiko menjadi penyebab fungsi kompresor AC menurun. Bila hal tersebut terjadi, maka AC mobil Anda tidak bisa dingin kembali.

    Anda juga berisiko boros bahan bakar apabila menyalakan AC terlalu dingin dalam waktu yang lama. Maka dari itu, Anda bisa mengatur suhu AC mobil yang wajar di angka 22 derajat Celcius sampai 24 derajat Celcius. 

    Jangan lupa membuka ventilasi udara yang ada di bagian depan serta bagian belakang mobil Anda, yang bertujuan agar sirkulasi udara selama menggunakan AC terjaga dengan baik.

            3. Menyalakan AC Ketika Hujan

    Terdapat perbedaan suhu antara luar dan dalam kabin saat hujan turun. Suhu di luar kabin cenderung lebih dingin daripada suhu di dalam kabin. Perbedaan suhu tersebut akan menyebabkan embun di kaca mobil yang berisiko mengurangi jarak pandang.