Berita

    Ketahui Penyebab dari Mika Lampu yang Kuning

    Mika lampu yang sudah menguning atau kusam akan membuat tampilan mobil menjadi kurang menarik lagi. Selain itu, mika lampu kuning atau kusam juga membuat kualitas penerangan menjadi tidak optimal atau berkurang.

    Kondisi mika yang menguning atau kusam sering ditemui pada mobil-mobil yang usianya tergolong tua. Contohnya seperti mobil yang sudah di atas lima tahun yang kebanyakan sudah memiliki kualitas mika lampu yang kurang baik.  

    Penyebab Kenapa Mika Lampu Kuning

    Selain mempengaruhi penampilan, kualitas mika yang buruk juga akan membuat penerangan menjadi kurang ‘ok’. Alhasil kualitas cahaya yang dihasilkan mobil pun menjadi kurang terang.

    Sementara di sisi lain, penerangan merupakan salah satu faktor penting untuk keselamatan dan kenyamanan saat berkendara di malam hari. Nah, berikut ini kami sudah merangkum beberapa penyebab kenapa mika lampu kuning agar Anda bisa mengatasinya sedini mungkin.

            1. Munculnya Bercak Jamur

    Penyebab ini merupakan yang paling sepele namun sering terjadi. Bercak jamur muncul akibat air hujan pada lampu yang dibiarkan menempel begitu saja. Akibatnya air hujan tersebut mengakibatkan tumbuhnya jamur pada permukaan mika.

    Air hujan tidak serta merta hilang karena panas dari lampu. Artinya air tersebut tidak mudah mengering oleh proses penguapan akibat panas yang keluar dari lampu. Untuk mencegahnya maka sebenarnya Anda harus segera mengelap jika mika terkena air hujan.

            2. Bohlam Tidak Sesuai dengan Spesifikasi

    Penggunaan bohlam pada lampu mobil juga dapat mempengaruhi kualitas mika. Pada dasarnya setiap pabrikan sudah menentukan bohlam dengan spesifikasi tertentu atau yang cocok dengan mobil tersebut. Maka dari itu, sebaiknya gunakan bohlam sesuai dengan spesifikasi pabriknya.

    Contohnya pada saat pemilik mobil hendak mengganti bohlam yang lama dengan yang baru. Karena tidak mengetahui watt yang sesuai spesifikasi, maka dipilihlah watt yang lebih besar dari standarnya. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan mika menjadi buram.

    Bohlam yang lebih besar dayanya akan menghasilkan panas lebih besar. Kemudian panas tersebut akan mempengaruhi mika lampu menjadi kekuningan dan buram. Alhasil kualitas penerangan pun menjadi kurang baik.

            3. Memilih Tempat Parkir yang Salah

    Memarkir mobil di area terbuka di bawah terik matahari bisa berdampak kurang baik. Salah satu dampak negatif dari kebiasaan tersebut yaitu dapat menyebabkan kualitas mika lampu mobil menjadi kusam.