Berita

    Ketahui Penyebab Indikator Airbag yang Menyala Sendiri

    Eksistensi airbag atau bantalan udara pada mobil sangatlah penting. Ia berguna sebagai penyelamat penumpang ketika kecelakaan berlangsung. Namun, tidak ada angin tidak ada hujan, indikatornya sering menyala tanpa sebab apapun. 

    Indikator bantalan udara bertempat pada bagian speedometer. Ketika indikator ini menyala dengan sendirinya berarti bisa jadi bahwa terdapat masalah pada speedometer. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa jadi juga terdapat masalah di bagian mobil yang lain.

    Nah, daripada menebak-nebak sumber permasalahan mengapa indikator bantalan udara menyala sendiri, lebih baik Anda mengetahui penyebabnya. Namun sebelum membahas pokok inti tersebut, sebaiknya Anda mengenal fitur ini terlebih dahulu.

    Mengenal apa itu airbag

    Fitur keselamatan ini bekerja dengan cara mengembangkan bantalnya jika mobil mendapati benturan pada bagian depan. Perlu Anda ketahui, fitur bantalan udara ini bisa otomatis mendeteksi benturan melalui sensor.

    Bantalan udara atau yang bahasa inggrisnya disebut sebagai airbag. Menilik dari bagaimana bantalan udara bekerja, sudah pasti Anda memahami jika fitur ini berguna sebagai pelindung pengemudi supaya tidak terbentur dashboard ketika kecelakaan dari depan berlangsung. 

    Maka dari itu, bantalan udara sebaiknya tetap dipantau agar senantiasa aktif dan bekerja dengan baik ketika dibutuhkan.

    Dengan penjelasan diatas mengenai pengertian, kini Anda mengerti bagaimana bantalan udara bekerja. Namun, sekarang Anda bertanya-tanya tentang fungsi indikator bantalan udara ini untuk apakah?

    Indikator bantalan udara berfungsi sebagai pemberi kode bahwa ada gangguan dalam perangkat keselamatan mobil Anda, misalnya komponen bantalan udara, sabuk pengaman, sensor keselamatan, dan bisa juga pengaturan keamanan mobil.

    Jika indikator ini menyala sendiri, Anda sebaiknya mengetahui penyebabnya.

    Penyebab indikator airbag menyala sendiri

    Sejumlah indikator pada mobil sebaiknya diperiksa secara rutin dan dilakukan perawatan. Jika tidak maka akan terjadi kasus menyala sendiri. Tentang indikator bantalan udara yang menyala sendiri, berikut ini adalah informasinya.

    • Gangguan pada saklar seatbelt

    Penyebab indikator bantalan udara menyala dengan sendirinya bisa jadi dikarenakan oleh sistem sabuk pengaman, spesifiknya yaitu saklar seatbelt. Komponen ini berfungsi sebagai pendeteksi apakah seatbelt belum atau sudah terpasang.