Berita

    Panduan Penting Memilih Cairan Radiator

    Pemilihan cairan radiator sebaiknya memang dilakukan dengan cara yang tepat. Cairan ini memegang peran penting bagi performa mobil Anda. Jika salah pilih, maka performa mobil bisa terganggu dan berdampak fatal.

    Air radiator berperan dalam menjaga suhu mesin agar selalu stabil dan tidak overheat. Air ini perlu diganti secara rutin agar fungsinya berjalan optimal. Mari cari tahu apa saja yang harus diperhatikan saat memilih air radiator yang tepat.

    Jenis Cairan Radiator

    Sebelum membahas tentang cara memilih air radiator yang cocok untuk mobil Anda, mari pahami dulu apa saja jenis air radiator yang bisa dipakai. Berikut adalah beberapa jenis cairan radiator yang umum digunakan:

    • Air

    Cairan paling sederhana yang bisa dipakai adalah air baik itu air mineral maupun air suling. Memang benar bahwa air sangat mudah untuk didapatkan namun sebaiknya hanya jadi pilihan saat kondisi darurat. 

    Meskipun bisa dipakai namun air ternyata kurang cocok dipakai sebagai cairan untuk radiator. Hal ini disebabkan oleh titik didih air yang terbilang rendah sehingga jauh lebih mudah menguap saat suhu meningkat. 

    • Air Radiator Biasa

    Berikutnya ada air radiator biasa yang terbuat dari air murni, zat anti beku, dan bahan untuk mencegah karat. Ini merupakan air radiator yang jauh lebih baik daripada air biasa karena bisa lebih tahan terhadap panas. 

    Selain itu, jenis cairan ini juga sudah mengandung anti karat sehingga risiko munculnya karat bisa berkurang. Tidak seperti air yang masih memungkinkan munculnya karat. 

    • Radiator Super Coolant

    Lanjut ke jenis air radiator berikutnya yaitu radiator super coolant. Ini adalah cairan yang umum dipakai dan banyak direkomendasikan karena punya titik didih tinggi. Selain itu cairan ini juga sangat efektif untuk menghilangkan panas mesin. 

    Sebelum dipakai, cairan ini harus dicampur dulu dengan air biasa memakai rasio 50:50. Jenis cairan radiator seperti ini umumnya akan digunakan pada kendaraan yang beroperasi dengan suhu cukup tinggi. 

    • Antifreeze & Coolant Protector

    Ada pula antifreeze & coolant protector yang memiliki ketahanan jauh lebih bagus. Cairan ini bisa bertahan pada suhu sangat tinggi dan sudah dilengkapi bahan penghambat karat serta zat pelindung tambahan. 

    Cara Memilih Cairan Radiator