Berita

    Pentingnya Busi Mobil: Fungsi dan Cara Merawatnya

    Fungsi busi mobil tidak hanya untuk menghidupkan mesin atau sebagai pemantik bunga api untuk pembakaran pada kepala silinder. Meskipun ukurannya kecil, namun busi memiliki peran yang sangat vital bagi kendaraan. 

    Itu sebabnya komponen ini harus dijaga dan dirawat agar tidak cepat rusak. Berikut informasi fungsi busi pada mobil dan cara perawatan yang tepat. 

    Mengenal Fungsi Busi Mobil 

    Kinerja busi yang tidak maksimal akan berdampak pada sulitnya mesin untuk bekerja secara optimal yang berkaitan erat dengan cara perawatannya. 

    Sebab, busi yang tidak terawat akan membuat komponen ini tidak bisa berfungsi secara maksimal. Terdapat empat fungsi busi yang perlu Anda pahami, antara lain:   

    1. Membentuk Percikan Listrik

    Fungsi yang pertama adalah mampu menghasilkan listrik dengan daya tertentu. Listrik yang berasal dari busi ini merupakan hasil gesekan antara koil pengapian dengan elektroda. 

    Percikan listrik ini keluar dari kisi-kisi busi, itu sebabnya ukuran kisi atau celah busi tersebut menentukan besar/kecilnya tenaga percikan yang dikeluarkan untuk membakar bensin. 

    1. Menghidupkan Mesin Mobil

    Fungsi kedua dari busi adalah untuk menghidupkan mesin mobil. Jadi, ketika kinerja busi tidak optimal, maka mesin mobil mustahil dinyalakan. 

    1. Membakar Bensin

    Fungsi yang ketiga adalah untuk membakar bensin. Jadi, bahan bakar mobil yang telah dikompres oleh piston kemudian disalurkan ke busi. Oleh busi, bahan bakar atau bensin ini lalu dibakar. 

    Hasil pembakaran inilah yang nantinya menghasilkan tenaga guna menggerakkan mobil. Jadi, bisa dipastikan bahwa merupakan hal yang mustahil untuk menghidupkan mesin tanpa adanya campur tangan busi yang bekerja secara optimal. 

    1. Menjaga Kestabilan Mesin Mobil

    Fungsi busi mobil yang terakhir dari busi adalah menjaga mesin mobil tetap stabil. Dengan kata lain, apabila busi mobil masih berfungsi dengan baik, maka mesin bisa melaju dengan stabil. 

    Jika busi dalam kondisi baik, maka saat dihidupkan, mesin akan langsung terdengar suaranya. Sedangkan saat dijalankan, mobil bisa melaju dengan baik tanpa tersendat-sendat. 

    Cara Merawat Busi Mobil

    Busi yang kotor atau rusak tidak akan bisa menghasilkan percikan yang sesuai kebutuhan mesin sehingga mobil akan berjalan dengan tersendat-sendat atau bahkan mati secara tiba-tiba. 

    merawat busiPixabay.com

    Untuk menghindari hal ini, ada beberapa tahapan dalam merawat busi agar performanya tetap prima, diantaranya adalah: 

    1. Cek dan Identifikasi Kondisi Busi Mobil

    Tahap pertama adalah memeriksa kondisi busi mobil Anda setiap dua atau tiga bulan sekali. Tujuan pemeriksaan busi ini untuk mengetahui kondisi komponen tersebut. 

    Apabila terdapat masalah atau bahkan rusak, segera lakukan penggantian busi karena komponen ini tidak bisa diperbaiki. 

    1. Bersihkan Busi yang Kotor

    Tahap kedua adalah membersihkan busi mobil. Biasanya, pada busi mobil akan terlihat kotor atau terdapat tumpukan kerak berwarna hitam yang menempel di bagian kepala busi. Kerak inilah yang harus segera dibersihkan. 

    Sebab, kotoran yang menempel akan menghambat proses pembakaran. Cara membersihkan kerak tersebut bisa dengan menggunakan sikat gigi bekas atau dengan semprotan angin. 

    Hindari membersihkan busi mobil menggunakan sikat kawat dan amplas. Sebab, kedua alat ini bersifat abrasif yang bisa mengikis permukaan busi. 

    Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk segera mengeringkan busi dengan lap microfiber kering. Ini dimaksudkan agar tidak ada air yang menempel pada busi karena bisa menyebabkan karat. 

    1. Mengatur Jarak Elektroda

    Tahap ketiga adalah memperhatikan dan mengatur jarak elektroda agar percikan api dari busi sesuai dengan kebutuhan. Jarak ideal elektroda busi adalah 0,6 sampai 0,8 mm.

    1. Pasang Kembali Busi

    Tahap keempat adalah memasang kembali busi mobil ke tempat semula. Pasang dan putar busi tersebut menggunakan tangan lalu kencangkan dengan kunci busi. 

    Sebenarnya, rangkaian tahapan perawatan busi bisa dikerjakan secara mandiri. Namun untuk cara praktisnya, Anda bisa melakukan pengecekan fungsi busi mobil bersamaan dengan jadwal servis rutin ke bengkel resmi Suzuki terdekat.