Berita

    Simak Komponen Mobil Yang Harus Diperiksa Sehabis Pulang Mudik

    Usai melakukan perjalanan panjang dari kampung halaman, hal pertama yang pasti akan Anda lakukan adalah istirahat. Sebab, perjalanan darat pasti akan sangat melelahkan, terutama bagi pengemudi. Namun, sering kali Anda lupa untuk memeriksa kendaraan setelah dipakai bepergian jauh. Untuk itu, pastikan komponen mobil ini sudah dalam keadaan prima dan siap dipakai kembali untuk beraktivitas harian. 

    Periksa Komponen Mobil Ini Setelah Mudik

    Agar kendaraan tetap bisa digunakan setelah mobil, sebaiknya periksa segala komponennya apakah dalam keadaan baik atau tidak. Berikut adalah beberapa komponen yang harus Anda periksa:

            1. Interior/Kabin

    Setelah perjalanan panjang, periksa interior mobil. Bisa jadi masih ada kotoran yang tertinggal di atas karpet, kursi, atau bahkan bagasi. 

    Bersihkan interior mobil dengan membuang sampah dan barang-barang yang tidak perlu terlebih dahulu. Kemudian bersihkan tumpahan cairan atau noda dari karpet dan kursi untuk menghindari bau yang menumpuk di dalam mobil. 

    Selanjutnya, vakum karpet dan pelapis untuk menghilangkan kotoran dan debu. Lap hingga bersih semua permukaan halus baik interior maupun jendela dengan semprotan pembersih dan kain microfiber. Jangan lupa untuk menyemprotkan penyegar udara agar kabin terlihat lebih fresh dan harum. 

            2. Periksa Level Oli atau Ganti Oli

    Perjalanan jauh sangat sulit bagi mobil. Sama seperti sebelum melakuan perjalanan jauh, begitu balik Anda pun harus memeriksa level oli mobil. Sebab, level oli begitu penting untuk performa kendaraan. 

    Periksa level ini sebelum, selama, dan setelah melakukan perjalanan untuk memastikan levelnya selalu tepat agar performa mesin tetap optimal. Dari pemeriksaan tersebut, Anda akan dapat menentukan apakah oli sudah harus diganti atau belum.

            3. Periksa Sistem Pengereman Mobil

    Sistem pengereman merupakan komponen paling penting pada mobil. Jika komponen mobil dalam sistem ini tidak berfungsi dengan baik, kecelakaan bisa saja terjadi. 

    Usai menempuh perjalanan jauh, segera periksa level minyak rem, komponen rem, serta rotornya. Pastikan minyak rem masih berada di batas normal dan warnanya tidak keruh. Jika sudah berubah warna, segera ganti agar komponen rem tidak berkarat. Pastikan juga rem masih berfungsi dengan baik dengan mengujinya secara langsung.