Apa Itu Camber dan Toe pada Kaki-Kaki Mobil?

icon 18 February 2025
icon Admin

Camber dan toe adalah bagian dari kaki-kaki roda yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas mobil. Komponen pada kaki-kaki roda mobil ini harus sejajar satu sama lain untuk menghindari kecelakaan akibat roda yang tidak stabil.

Pada bagian kaki roda mobil, dikenal adanya istilah sudut wheel alignment atau sudut kelurusan roda. Sudut kelurusan roda ini yang mempengaruhi integrasi antara sistem kemudi dan suspensi. Sudut ini bisa dipantau dengan melakukan spooring dan balancing

Mengenal Camber dan Toe pada Kaki-kaki Roda Mobil

Camber serta toe merupakan salah satu dari 5 sudut kelurusan roda yang perlu Anda perhatikan kondisinya secara berkala. Lalu, apa itu camber dan apa fungsi penting toe? Berikut ulasannya.

  • Definisi Camber

Camber sendiri adalah tingkat kemiringan bagian atas baik kemiringan ke dalam maupun ke luar dari ban dan roda yang bisa dilihat secara vertikal atau dari arah depan mobil. 

Camber ini beragam jenisnya dan bisa berbeda-beda tergantung jenis kendaraannya. Beberapa jenis camber yang biasa ada pada kendaraan di antaranya yaitu camber positif, negatif, dan nol derajat. 

Camber harus pada sudut yang benar supaya roda bisa meluncur secara lurus. Camber yang tidak selaras bisa menyebabkan keausan pada bantalan maupun suspensi roda.

Camber ini harus selalu dicek secara berkala karena bisa berubah posisi seiring dengan berjalannya waktu. Salah satu hal yang bisa menyebabkan berubahnya posisi camber yaitu kontur jalan yang buruk.

  • Jenis-Jenis Camber

Seperti yang sudah disebutkan di atas, terdapat beberapa jenis camber, seperti camber positif, negatif, dan nol derajat. Lalu, apa perbedaan jenis-jenis camber? Camber positif adalah kondisi roda miring ke arah luar bila dilihat secara vertikal. 

Tujuan dari penyetelan camber positif adalah menyeimbangkan ban bagian bawah yang biasanya tertekan ke arah luar saat terdapat beban pada kendaraan. Dengan camber positif, ban akan tertarik ke dalam dan tetap pada kedudukan yang benar.

Sedangkan camber negatif adalah tingkat kemiringan roda ke arah dalam. Camber negatif ini biasa digunakan pada kendaraan dengan ground clearance rendah seperti mobil balap supaya roda tetap stabil saat berbelok dengan kecepatan tinggi.

  • Definisi Toe 

Toe adalah sudut atau garis simetri yang berbelok ke arah dalam dan keluar. Berbeda dengan camber yang memakai satuan derajat, toe ini memakai satuan inci. Jika toe disetel dengan benar, maka keempat roda akan mengarah ke arah yang sama.

Keberadaan toe ini berfungsi untuk mengoreksi chamber sehingga sambungan kemudi tetap lurus ke depan. Kesalahan penyetelan toe bisa menyebabkan keausan, menurunkan efisiensi bahan bakar, dan keselamatan selama berkendara.

Terdapat dua jenis toe, yaitu toe in dan toe out, yaitu toe ke dalam dan toe ke luar. Jadi, camber dan toe sangat berhubungan dengan kestabilan kaki roda mobil. 

Dengan jarak roda yang tepat dan sudut yang tidak terlalu ke dalam dan keluar maka laju kendaraan Anda akan seimbang dan lurus. 

Anda bisa memeriksa kondisi sudut kelurusan roda camber maupun toe dengan melakukan spooring dan balancing di bengkel resmi terdekat. 

Itulah pentingnya sudut kelurusan roda pada kaki-kaki mobil. Sudut tersebut harus disetel dengan benar sehingga roda dan laju mobil stabil. Anda bisa cek camber dan toe roda mobil Anda secara berkala dan lakukan penyetelan di bengkel resmi terdekat.