Berita

    Ini Alasan Pentingnya Melakukan Servis Mobil Rutin dan Pemeriksaan Berkala

    Servis rutin mobil merupakan cara menjaga dan memelihara mobil agar kualitasnya tidak menurun dan tahan lama. Memang, servis secara rutin dan berkala tidak menjamin mobil akan mulus setiap saat ketika digunakan.

    Namun, tentu saja tingkat risiko kerusakan mobil akan berkurang dan umur mobil Anda akan bertambah. Maka dari itu, bagi Anda yang intensitas penggunaan mobilnya tinggi karena sering bepergian antar kota, ketahui alasan mengapa servis mobil rutin itu penting!

    6 Alasan Pentingnya Servis Rutin Mobil

    Modern ini, masih banyak pemilik mobil yang menyepelekan servis mobil sehingga tidak dilakukan secara rutin. Pun ketika diservis, hanya terbatas pada penggantian oli serta pengecekan komponen tertentu saja. Anda sebaiknya mulai rutin servis di bengkel resmi mobil Anda, karena:

    1. Memelihara Kualitas Komponen Mobil

    Servis rutin mobil berguna untuk menjaga dan memelihara kondisi tiap komponen mobil Anda agar berfungsi sebagaimana mestinya. 

    Pada saat servis berkala, teknisi akan memeriksa serta memastikan semua komponen mobil Anda masih bagus kualitasnya dan berfungsi dengan baik.

    Jika kualitas antar komponen baik, maka mobil Anda secara keseluruhan pun dalam kondisi baik. Sebab, komponen satu dengan lainnya pada mobil saling berkaitan dan bekerja sama dalam memastikan kinerja mobil maksimal.

    2. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

    Apabila servis rutin, maka mesin dan segala komponen pada mobil Anda akan bekerja lebih optimal dan efisien. Hal tersebut akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih hemat dan menghasilkan emisi lebih rendah.

    3. Meningkatkan Keamanan Berkendara

    Anda pasti ingin berkendara dengan aman dan selamat sampai tujuan, bukan? Servis mobil secara rutin akan membantu Anda terhindar dari risiko kerusakan dan masalah komponen mobil yang bisa terjadi di tengah perjalanan.

    Teknisi akan menjalankan pemeriksaan pada setiap komponen mobil, termasuk komponen rem, sistem kelistrikan, hingga sistem suspensi. 

    Lalu, apabila ternyata hasil pemeriksaan menunjukkan kerusakan pada salah satu komponen tersebut, Anda akan mendapatkan penanganan dengan segera.

    Bayangkan bila Anda tidak rutin servis dan komponen tersebut berhenti berfungsi ketika Anda berada di tengah jalanan ramai, akan sulit bukan?

    4. Mengidentifikasi Kerusakan Secara Dini

    Mobil memiliki banyak sekali komponen yang tidak Anda lihat setiap hari kondisinya kecuali pada saat servis mobil. 

    Itulah mengapa, atur jadwal servis secara berkala agar kerusakan yang tidak bisa terdeteksi dari luar dapat diidentifikasi dengan segera oleh teknisinya.

     

    servis mobil

    Jadi, Anda dapat perbaikan lebih awal dan menghindari potensi kerusakan bertambah parah. Anda juga bisa menghemat pengeluaran sebab tingkat kerusakannya masih menengah.

    5. Membuat Performa Mobil Seperti Baru

    Mobil yang mendapatkan servis berkala akan meningkat pula performanya. Sebab semua komponen mobil berjalan dengan lancar, sehingga mobil menjadi lebih responsif dan nyaman digunakan karena mesinnya halus seperti mobil baru.

    7. Menambah Nilai Mobil

    Rutin servis akan membuat kendaraan Anda awet dan tahan lama, sehingga berumur panjang hingga mencapai puluhan tahun. 

    Hal tersebut akan menambah nilai mobil Anda ketika suatu saat ingin menjual mobil tersebut. Sebab mobil dalam kondisi prima dan terawat cenderung memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

    Demikian enam alasan yang membuktikan mengapa Anda harus servis rutin mobil. Mulai dari menjaga kualitas mobil, efisiensi bahan bakar, meningkatkan keamanan berkendara, hingga menambah nilai mobil.