Berita

    Ketahui Fungsi Intake Valve dan Cara Kerjanya pada Mobil

    Pada mesin mobil, intake valve atau valve merupakan komponen yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja. valve merupakan katup di mesin mobil. fungsi dari katup adalah mengatur aliran cairan dan gas dari serta menuju mesin. 

    Valve biasanya bergerak sejalan dengan pergerakan piston silinder. Umumnya, mekanisme valve ditemukan pada mobil 4 tak. Mekanisme katup adalah rangkaian yang sudah tersistematis dan memiliki tujuan untuk membuka saluran intake. 

    Fungsi Intake Valve

    Intake adalah bagian valve, komponen ini terbuat dari stainless steel sehingga tahan karat serta tidak mudah panas. Komponen ini berada di bagian atas. Fungsi dari komponen ini adalah mengatur masuknya bahan bakar serta campuran udara di pembakaran mesin. 

    Sehingga, bahan bakar serta campuran udara sesuai kadar yang diperlukan mesin saat proses pembakaran. Intake mempunyai ukuran diameter yang besar bila dibandingkan dengan exhaust valve sehingga bisa mengoptimalkan pendistribusian bahan bakar di pembakaran mesin. 

    Cara Kerja Valve

    Fungsi valve di mesin erat kaitannya dengan piston silinder. Ketika piston bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah, intake akan terbuka, kemudian akan menghisap campuran udara dan bahan bakar, agar dapat disalurkan ke ruang bakar. 

    Ketika piston bergerak ke titik mati bawah ke titik mati atas untuk kompresi mesin, intake akan menutup. Kemudian, piston akan melakukan proses pembakaran, dan exhaust valve terbuka. 

    Jenis Mekanisme Valve

    Mekanisme intake valve dibagi menjadi 2 jenis, antara lain:

            1. Overhead Valve atau OHV

    OHV memiliki camshaft yang berada di blok silinder. Agar bisa menggerakkan rocker arm, dibutuhkan komponen khusus dengan nama push rod. Komponen ini mempergunakan penggerak timing gear. 

            2. Overhead Camshaft atau OHC

    Berikutnya adalah OHC, OHC merupakan camshaft yang lokasinya tidak berada di blok silinder, tetapi di kepala silinder. Hal ini membuat cam bisa langsung menyentuh rocker arm tanpa membutuhkan push rod. 

    OHC ini terdiri atas 2 macam yaitu DOHC dan SOHC. Perbedaan keduanya, SOHC mempunyai satu camshaft dan DOHC mempunyai dua camshaft. 

    Berbagai Komponen Mekanisme Katup

    Sesudah mengenal masalah mekanisme katup, berikutnya adalah komponen yang ada di mekanisme katup. Komponen yang ada di OHV ini seperti:

    • Valve spring
    • Valve
    • Push rod
    • Rocker arm
    • Valve lifter
    • Camshaft
    • Timing chain
    • Timing belt
    • Camshaft sprocket gear
    • Crankshaft sprocket gear