Berita

    Ini Tips Mencuci Mobil di Musim Hujan yang Harus Anda Ketahui

    Mobil yang sering terkena air hujan belum tentu terlihat bersih, apalagi jika dibiarkan mengering begitu saja. Itu sebabnya mencuci mobil di musim hujan harus lebih sering dilakukan jika tidak ingin cat mobil Anda cepat rusak. 

    Ini dikarenakan air hujan menyimpan kandungan tertentu yang berisiko menimbulkan masalah seperti cat yang cepat pudar atau karat pada mobil. Untuk meminimalisir hal ini, Anda bisa menerapkan berbagai tips mencuci mobil setelah terkena air hujan di bawah ini. 

    1. Segera Bilas dengan Air Bersih

    Tips pertama yang harus dilakukan adalah segera membilasnya dengan air bersih. Semakin cepat Anda melakukannya, semakin mudah untuk membersihkan semua kotoran dan bercak air hujan yang menempel di mobil Anda. 

    Sebab, jika sisa air hujan yang menempel dibiarkan hingga mengering akan menimbulkan bercak yang membekas dan susah untuk dihilangkan. Parahnya lagi, timbulnya jamur yang membandel, warna cat cepat memudar, timbul kerak, hingga karat di bodi mobil

            2. Pemilihan Shampo 

    Tips mencuci mobil di musim hujan yang kedua adalah memilih shampo yang tepat. Menggunakan shampo yang memiliki banyak busa memang bisa membuat mobil terlihat bersih. 

    Namun, hal itu tidak menjamin bagian eksterior mobil kesayangan Anda terbebas dari risiko kerusakan akibat sisa air hujan yang menempel. Untuk itu, gunakan shampo khusus mobil yang berkualitas dan hindari mencuci dengan menggunakan deterjen. 

            3. Hindari Tekanan Air yang Terlalu Kencang

    Untuk membersihkan kerak lumpur yang membandel, terkadang Anda menggunakan air dengan tekanan yang tinggi. Namun, hal ini justru sangat beresiko karena kualitas cat menjadi cepat pudar atau bahkan mudah terkelupas. 

    Jadi, sebaiknya gunakan air bertekanan sedang dan dilakukan secara satu arah. Dengan cara ini bodi mobil akan terhindar dari risiko munculnya goresan

            4. Jangan Mengelap Tanpa Membilas

    Tips mencuci mobil di musim hujan berikutnya adalah hindari mengelap mobil tanpa membilasnya dengan air bersih terlebih dahulu. Sebab, kandungan air hujan yang beraneka ragam seperti debu, garam, dan sebagainya bisa menimbulkan goresan pada eksterior mobil. 

            5. Bersihkan Wiper

    Saat musim hujan tiba, wiper tidak boleh dibiarkan kotor atau bahkan mengering dengan sendirinya. Sebab, hal ini akan membuat karet wiper cepat keras atau getas sehingga tidak bisa maksimal dalam menyeka air hujan yang jatuh di atas kaca mobil.