Berita

    Featured Image

    5 Kebiasaan yang Bikin Kabin Mobil Bersih

    Penting sekali untuk menerapkan beberapa tips merawat mobil agar mobil Anda selalu bersih dan performanya terjaga dengan baik. Apalagi untuk bagian kabin mobil yang seringkali cepat kotor dan berantakan. 

    Kabin mobil yang bersih tentu akan meningkatkan rasa nyaman Anda saat berkendara. Selain itu, kebersihan pada area kabin juga akan membuat Anda jadi lebih berkonsentrasi saat mengemudi karena tidak ada banyak distraksi. 

    Tips Merawat Mobil agar Kabin Selalu Bersih

    Sebenarnya, menjaga kebersihan kabin mobil tidaklah sulit. Anda hanya perlu menerapkan kebiasaan yang tepat. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat Anda terapkan untuk menjaga kabin mobil selalu dalam kondisi bersih. 

    • Jangan Sembarangan Membuang Sampah

    Pastikan Anda membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan di dalam mobil. Kebiasaan ini juga harus diterapkan oleh anggota keluarga lain yang sering berkendara bersama Anda. 

    Anda bisa menyediakan tempat sampah kecil di dalam mobil agar sampah tidak berserakan di kabin. Selain itu, Anda juga harus membersihkan sampah-sampah secepatnya setelah selesai berkendara. 

    Jika dibiarkan begitu saja, maka sampah-sampah pasti akan berserakan di dalam kabin. Hal ini tentu akan mengganggu kebersihan kabin dan membuat Anda merasa tidak nyaman saat mengemudi. 

    • Hindari Merokok di Dalam Mobil

    Sangat disarankan untuk tidak membiasakan diri merokok di dalam mobil. Merokok bisa menyebabkan kabin mobil Anda jadi bau asap. Selain itu, debu rokok juga bisa membuat karpet dan jok mobil Anda jadi kotor. 

    Jika Anda memang memiliki kebiasaan merokok, maka lebih baik berhenti sejenak dan merokok di luar. Jangan membiasakan diri merokok di dalam dan pada akhirnya malah membuat kabin mobil Anda jadi kotor. 

    • Bersihkan secara Berkala

    Tentu saja, Anda harus membersihkan kabin mobil secara berkala. Ini merupakan salah satu tips merawat mobil yang sangat penting untuk dilakukan. 

    Jika mobil terjaga kebersihannya, maka performa mobil juga bisa lebih optimal. Pembersihan mobil tidak hanya dilakukan pada bagian bodi luar, namun juga di area kabin. 

    Pastikan untuk menyedot semua debu dari jok, dashboard, karpet, dan atap kabin mobil Anda. 

    Jika Anda tidak sempat membersihkan kabin mobil sendiri, bawalah mobil ke tempat pencucian. Ini jauh lebih praktis dan hasil pembersihannya juga lebih optimal.

    • Hindari Makan dan Minum di Dalam Mobil

    Sebisa mungkin, hindari kebiasaan makan dan minum di dalam mobil. Sebagian besar kotoran di dalam mobil biasanya berasal dari remahan makanan dan bisa juga dari minuman yang Anda bawa. 

    Sebenarnya, tidak masalah jika Anda ingin makan camilan di mobil atau mungkin menyediakan minum saat berkendara. Hanya saja, Anda harus lebih berhati-hati agar kebiasaan tersebut tidak membuat kabin mobil jadi kotor. 

    Jika memang harus membawa camilan, maka sediakan saja camilan yang tidak mudah mengotori area mobil. Selain itu, Anda juga bisa berhenti sejenak jika harus makan dan minum agar tidak berceceran. 

    • Letakkan Barang Seperlunya di Dalam Kabin

    Tips merawat mobil selanjutnya yakni jangan meletakkan terlalu banyak barang di kabin mobil Anda. 

    Terutama di bagian dashboard yang seringkali dipenuhi beragam jenis aksesori. Bukannya menambah indah, tapi malah membuat kabin mobil terkesan kotor. 

    Letakkan barang dan aksesori seperlunya saja. Pastikan semua barang yang Anda letakkan di kabin tidak akan mengganggu konsentrasi selama mengemudi.