Berita

    Mengenal Fungsi Brake Pad pada Sistem Pengereman Mobil

    Kita semua tau, bahwa setiap bagian mobil memiliki peran penting ketika berkendara. Salah satu bagian yang tidak bisa diremehkan yaitu bagian pengereman.  Sistem pengereman pada mobil terdiri dari beberapa komponen penting, salah satunya adalah brake pad. Suku cadang yang satu ini memiliki nama yang beragam, ada yang menyebutnya sebagai brake shoe, namun kerap disebut sebagai kampas rem cakram.

    Setiap pengemudi perlu untuk memahami fungsi dan seperti apa cara kerja dari komponen ini. Pasalnya, kerusakan yang terjadi pada brake shoe bisa berakibat fatal dan membahayakan keselamatan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya. 

    Sebenarnya apa saja fungsi dari brake shoe ini dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ulasannya.

    Begini Fungsi Brake Pad pada Mobil

    Seperti yang telah disebutkan, kampas rem menjadi salah satu suku cadang penting pada sistem pengereman mobil. Ada beberapa fungsi pada brake shoe yang perlu Anda ketahui, antara lain:

    • Tingkatkan Keberhasilan Proses Pengereman

    Fungsi pertama dari brake shoe adalah menekan piringan cakram (disc brake) untuk menghambat perputaran rem cakram agar berhenti. Proses pengereman ini berhasil karena brake shoe menghasilkan daya gesek. 

    Dengan kata lain, brake shoe memiliki fungsi menghentikan mobil yang melaju pada saat direm, meskipun secara mendadak. 

    • Pengereman Lebih Aman

    Fungsi kedua dari komponen ini adalah membuat proses pengereman berlangsung secara sempurna, halus, dan tidak terjadi selip. 

    Ini dikarenakan adanya bantalan rem yang mampu menahan perputaran rotor rem hingga akhirnya membuat mobil menjadi berhenti. 

    • Memudahkan Melewati Jalanan Ekstrem

    Fungsi brake shoe yang ketiga adalah memberikan kemudahan kepada pengemudi dalam melalui jalanan yang cukup ekstrem. 

    Baik tanjakan maupun turunan, semua medan bisa dengan mudah diatasi karena brake pad mampu membuat laju kendaraan tetap seimbang pada saat melakukan proses pengereman. 

    • Performa Lebih Handal

    Bantalan rem pada sistem pengereman bekerja dengan cara menekan perputaran cakram logam sampai berhenti. Gaya yang dihasilkan dari proses tersebut menimbulkan banyak geseran dan juga panas yang harus ditarik oleh bantalan rem.

    Itu sebabnya, kampas rem disebut berkualitas apabila memiliki performa yang baik dalam membantu proses pengereman secara konsisten. 

    • Mengurangi Suara Bising