Berita

    Ketahui 5 Cara Jumper Aki Mobil Yang Benar dan Aman

    Hampir semua pengendara mobil pasti pernah mengalami masalah dengan mesin mobil yang susah dihidupkan meski sudah berulang kali distarter. Penyebab dari problem ini umumnya terletak pada aki mobil Anda. Misalnya aki mobil Anda sudah terlalu tua atau ada ketidaksesuaian kapasitas pada aki mobil. 

    Solusi utama tentu dengan membawa mobil Anda ke bengkel, namun jika hal ini terjadi ketika Anda sedang dalam perjalanan dan jauh dari bengkel, Anda bisa mempraktekkan cara jumper aki mobil untuk mengatasi masalah Anda.

    Jumper aki dilakukan agar aki yang sudah tua bisa beroperasi kembali. Untuk praktik ini Anda membutuhkan aki dari mobil lain untuk menjadi donor aki Anda yang sudah tua. Anda bisa mengambil aki dari mobil lain atau aki yang memang sedang tidak digunakan namun  kondisinya masih bagus.

    Cara Jumper Aki Mobil yang Harus Dilakukan

            1. Mempersiapkan Peralatan Jumper Aki

    Untuk melakukan jumper aki, ada sejumlah persiapan yang harus Anda lakukan. Tidak banyak peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan jumper aki pada mobil, cukup aki dan kabel jumper. 

    Sangat disarankan untuk menggunakan aki yang berasal dari mobil yang sejenis karena biasanya nilai voltasenya akan sama. Anda juga harus memastikan voltase atau daya listrik aki donor dalam kondisi baik.

    Untuk kabel jumper, disarankan untuk memakai yang sesuai dengan mobil Anda.

            2. Mengatur Posisi Mobil

    Setelah mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan, langkah berikutnya adalah mengatur posisi mobil. Aki donor harus berada sedekat mungkin dengan aki mobil yang rusak. Saat proses jumper aki mobil dilakukan, pastikan mobil dalam kondisi diam. 

    Mobil yang bertransmisi manual harus dalam kondisi netral, sementara mobil transmisi otomatis berada dalam kondisi transmisi P atau parkir.

    Seluruh sistem kelistrikan mobil tidak boleh dalam kondisi hidup saat saat jumper aki dilakukan. Untuk memastikannya, Anda bisa mencabut kontak mobil Anda. Selanjutnya Anda bisa mengecek posisi aki dan mengawali proses jumper aki.

            3. Menghubungkan Kabel Aki

    Cara jumper aki mobil yang berikutnya adalah menggunakan kabel jumper untuk menghubungkan kedua aki. Kabel jumper sepintas serupa dengan kabel biasa namun memiliki penjepit di kedua ujungnya. Saat menghubungkan kedua aki dengan kabel jumper, jangan sampai tertukar antara kutub positif dan negatif dari kedua aki.