Berita

    Ketahui Cara Mematikan Alarm Mobil

    Anda mungkin pernah kesulitan mematikan alarm mobil. Apalagi jika hal itu terjadi di tempat umum. Anda pasti langsung panik karena alarm mobil tetap menyala, walau Anda terus menekan remote central lock.

    Salah satu penyebabnya bisa karena baterai remote habis. Membuat Anda harus membuka kunci pintu mobil secara manual. Penyebab lainnya karena tingkat sensitivitas mobil yang cukup tinggi. Bahkan beberapa merek mobil mahal akan berbunyi saat terkena getaran kecil. 

    Atau memang karena mobil milik Anda berada dalam kondisi bahaya. Semua situasi ini bisa terjadi kapan dan dimana saja. Maka dari itu sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara mematikan alarm mobil.

    Cara Mematikan Alarm Mobil

    Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, untuk mematikan alarm mobil dengan mudah. Berikut ini tips mematikan alarm pada mobil:

    • Buka Pintu Mobil Secara Manual

    Cara pertama adalah dengan membuka pintu mobil secara manual memakai kunci kontak. Setelah itu masukkan kunci ke starter. Lantas putar kunci kontak bolak-balik dari ACC ke On. Lakukan sebanyak 10 kali dengan cepat. 

    Awalnya alarm mobil berbunyi dengan cepat. Kemudian lambat laun suaranya akan mengecil lalu berhenti. Itu berarti Anda sudah berhasil mematikan alarm.

    • Ubah ke Mode Silent

    Saat Anda sedang berada di tempat umum sebaiknya cara pertama yang Anda lakukan adalah menekan mode silent. Pada remote central lock ubah jadi mode silent agar bunyi alarm tidak mengganggu orang lain. 

    Cara ini juga sebaiknya dilakukan jika mobil milik Anda sensitif dengan getaran atau bunyi yang keras. Sehingga membuat alarm mobil sering menyala walau sedang dalam keadaan aman. 

    • Ganti Baterai Remote

    Baterai remote central lock yang habis bisa jadi penyebab alarm mobil mudah berbunyi. Pasalnya jika remote habis daya, maka pengguna mobil akan membuka pintu secara manual. Hal ini menyebabkan alarm mobil bunyi secara otomatis.


    Jadi untuk langkah antisipasi, pastikan Anda mengecek baterai mobil. Apakah masih ada atau sudah habis. Segera ganti baterai remote jika memang sudah habis, agar Anda bisa kembali membuka pintu mobil secara otomatis.

    • Lepas sekring Alarm Mobil

    Jika cara-cara barusan belum berhasil mematikan alarm mobil, Anda bisa mencari sekring alarm mobil, lalu lepaskan. Tidak perlu khawatir dengan sistem kelistrikan mobil. Sebab sekring alarm terpisah dengan sekring yang lain. Karena alarm mobil harus menyala saat mesin mati.