Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Setir Mobil Berat Tanpa Power Steering

    Pengguna mobil cepat atau lambat pasti akan berhadapan dengan masalah setir mobil berat tanpa power steering. Tentu saja masalah ini dapat membuat keamanan dan kenyamanan berkendara menjadi terganggu.

    Apalagi jika Anda diharuskan untuk berkendara melampaui jarak yang cukup jauh, hal ini tentu akan sangat mengganggu. Selain itu, setir mobil berat tanpa power steering juga menghambat Anda dalam melakukan manuver-manuver.

    Jika masalah setir mobil berat tanpa power steering ini sedang Anda hadapi, tidak perlu terlalu khawatir. Kami telah merangkum beberapa tips untuk mengatasi setir mobil berat tanpa power steering

    Namun sebelumnya, mari kita kenali kemungkinan penyebab masalah setir mobil berat tanpa power steering yang umum terjadi.

    3 Penyebab Utama Setir Mobil Berat Tanpa Power Steering

    Ada baiknya sebelum mengatasi setir mobil berat tanpa power steering, kenali terlebih dahulu penyebab umum dari masalah ini. Ada beberapa faktor utama yang dapat Anda periksa ketika mendapati masalah yang satu ini, antara lain:

    • Kondisi Ban yang Kurang Baik

    Faktor pertama yang Anda patut curigai adalah apakah ban mobil dalam kondisi yang kurang baik seperti kekurangan tekanan angin. Kondisi ban yang kurang baik ini mempengaruhi kinerja setir mobil Anda.

    Pastikan untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala pada ban mobil Anda untuk menghindari kondisi yang lebih buruk seperti setir mobil berat tanpa power steering.

    • Ada Komponen Setir yang Rusak

    Hal selanjutnya yang harus Anda cek ketika menghadapi setir mobil berat tanpa power steering adalah apakah ada komponen setir yang rusak seperti ball joint atau tie rod end.

    Jika ada permasalahan pada komponen ini, setir mobil dapat menjadi kurang responsif dan sulit diputar. Jika komponen setir rusak, Anda dapat melakukan perawatan atau menggantinya dengan yang baru.

    • Kondisi Suspensi Mobil yang Tidak Optimal

    Jika Anda mendapati suspensi mobil Anda dalam kondisi yang kurang optimal, bisa jadi itulah penyebab setir mobil berat tanpa power steering. Anda dapat memeriksa komponen seperti per batang dan per karet pada mobil Anda secara rutin.

    Tips Mengatasi Setir Mobil Berat Tanpa Power Steering

    Setelah mengetahui penyebab utama masalah setir mobil berat tanpa power steering, Anda dapat menyimak ringkasan berikut ini mengenai tips mengatasi permasalahan tersebut.

    • Memeriksa Kondisi Ban, Komponen Setir, dan Suspensi Mobil