Berita

    Featured Image

    Kegunaan Selang Rem Mobil dan Peranannya

    Selang rem mobil adalah salah satu komponen pengereman kendaraan yang esensial selain cakram, master rem, dan minyak. Jika terjadi kerusakan pada selang rem, maka kinerja sistem pengereman kendaraan Anda tidak akan optimal. 

    Lebih parahnya, kerusakan pada komponen ini bisa berakibat kecelakaan fatal. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda perlu memperhatikan tanda-tanda kerusakan pada selang rem. 

    Lantas, apa sebenarnya kegunaan dan peranan penting selang rem pada kendaraan? Pelajari lebih lanjut melalui pembahasan di bawah ini. 

    Kegunaan dan Peran Penting Selang Rem Mobil

    Di dunia otomotif, selang rem memiliki peranan penting dalam sebuah sistem pengereman. Kegunaan utama dari selang rem adalah untuk menyalurkan minyak dari master silinder ke kaliper rem. 

    Hal ini dilakukan untuk menekan piston yang nantinya akan menimbulkan gaya pengereman. Meski demikian, masih banyak orang yang ternyata belum begitu memahami bagaimana cara kerja selang rem ini secara lengkapnya. 

    Pada dasarnya, selang ini bekerja menganut sistem dan prinsip tekanan hidrolik. Ketika Anda menekan pedal rem, maka tekanan pun muncul. Saat pedal ditekan, tekanan ini berubah menjadi tekanan hidrolik. Tekanan tersebut disalurkan melalui selang menuju kaliper rem. 

    Pada tahap inilah, selang rem memiliki fungsi yang penting. Di sisi lain, selang mobil juga berperan krusial sebagai penghubung vital antara pedal dan proses pengereman yang efektif. 

    Walaupun sering kali dianggap remeh, memahami sistem kerja selang rem sangatlah bermanfaat. Perlu Anda ketahui bahwa sistem pengereman yang optimal akan bergantung pada selang yang kuat dan tahan lama. 

    Hal ini akan membuat Anda lebih aman dan nyaman dalam mengemudi mobil kesayangan. Sebenarnya, selang rem bukanlah komponen yang harus sering diganti. Namun, seiring berjalannya waktu, selang bisa retak dan bocor. 

    Meski berfungsi sebagai penyalur minyak, komponen mobil ini juga dapat mengalami kerusakan. Lalu, apa saja tanda-tanda kerusakannya?

    Tanda-Tanda Kerusakan Selang Rem Mobil

    Berikut adalah beberapa tanda kerusakan pada selang rem kendaraan yang wajib Anda perhatikan:

    • Selang Pecah-Pecah

    Salah satu tanda kerusakan selang adalah karetnya mulai pecah-pecah. Alhasil, sistem rem tidak dapat bekerja dengan baik. Jika kerusakan ini Anda biarkan begitu saja, minyak rem bisa bocor. 

    • Selang Bocor

    Anda bisa memeriksa apakah selang rem mengalami kebocoran atau tidak dengan meraba atau menekan pipanya. Jika terjadi kebocoran kecil, minyak rem akan keluar sedikit. 

    Namun jika kebocorannya parah, minyak rem akan keluar lebih banyak dan terlihat di bawah kendaraan Anda. 

    • Benang Nilon Dapat Terlihat

    Ketika benang nilon sudah mulai terlihat, itu tandanya selang rem kendaraan Anda rusak. Hal ini terjadi ketika lapisan karet luar selang rem terbuka sehingga benang nilon terlihat. 

    Jika Anda menemukan kerusakan ini, segeralah ganti selang rem kendaraan Anda dengan yang baru.

    • Rem Tidak Optimal

    Tanda kerusakan selang rem selanjutnya adalah rem tidak bekerja secara maksimal. Ketika Anda menekan pedal, rasanya mungkin akan terasa lebih ringan. 

    Jika kerusakan pipa parah, ini bisa menyebabkan kerusakan pedal rem sebab tekanannya terlalu lemah. 

    Sementara itu, kerusakan selang rem yang dibiarkan saja akan membuat minyak rem mengalir terus. Jika minyak rem habis, rem mobil Anda bisa blong. 

    Jadi, apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan terhadap selang rem mobil? Jika belum, Anda bisa percayakan servis dan perawatan kendaraan kesayangan pada teknisi dealer resmi Suzuki. Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik untuk memastikan keamanan dan kenyamanan semua komponen penting mobil.