Berita

    Ketahui Ciri Fuel Pump Mobil Rusak

    Fuel pump mobil rusak bukan merupakan masalah sepele yang bisa diabaikan pemilik kendaraan. Pasalnya, jika fuel pump rusak maka mobil akan mengalami hambatan beroperasi den bermasalah pada sistem mesin penggerak. 

    Karena fuel pump memiliki fungsi menyalurkan amunisi bahan bakar minyak dari tangki ke mesin penggerak mobil melalui komponen selangnya. Jika mengalami rusak maka Anda bisa bayangkan sendiri. Namun, bagaimana cara agar kita tahu fuel pump sedang rusak atau tidak? Simak cirinya di bawah ini!

    Ciri-Ciri Fuel Pump Mobil Rusak yang Harus Anda Ketahui

    Akibat yang ditimbulkan dari adanya kerusakan pada komponen ini adalah mobil yang tidak dapat menyala, sebab tidak memperoleh asupan bahan bakar sesuai dengan kebutuhannya. Apa saja ciri-cirinya, simak sampai bawah!

    • Mobil Sukar Dinyalakan

    Jika Anda telah mendiamkan mobil Anda dalam jangka waktu yang lama,hal ini dapat menyebabkan mesin mobil sukar menyala. Biasanya ada sumbatan pada fuel pump sehingga tak mampu mengalirkan bahan bakar ke mesin kendaraan. 

    Inilah ketika dinyalakan juga muncul efek suara seperti tersendat-sendat. Adanya sumbatan pada fuel pump biasanya disebabkan oleh kotoran dari dalam tangki.

    • Lampu Indikator Tak Berhenti Berkedip

    Cek hal ini pada dashboard, fuel pump alami rusak bisa dideteksi dari lampu indikator injeksi. Jika komponen itu tunjukkan nyala dan kedipnya, maka bisa dipastikan sedang ada masalah pada bahan bakar. Bisa jadi seperti adanya sensornya yang alami kerusakan ataupun kabelnya yang terputus.

    • Masalah Sekring Kotor dan Terbakar

    Fuel pump yang kotor dan tak dibersihkan dengan benar dapat mengalami endapan kotoran yang berpotensi merusak komponen dan ganggu kinerjanya. Sementara sekringnya akan jadi overload dan overheat hingga bisa menimbulkan efek terbakar.

    Penyebabnya tentu karena sekring menerima aliran arus listrik yang terlalu besar, ditambah dengan beban kerja yang keberatan.

    • Timbul Suara Dengungan dari Tangki

    Kerusakan pada fuel pump mobil rusak juga bisa ditandai dengan adanya suara dengungan pada tangki bensin mobil. Dalam rangka pengecekan, Anda hanya perlu menyalakan mesin dan menyimak dengan seksama suara yang ditimbulkan.

    • Boros Bahan Bakar Minyak

    Jika Anda mendadak menyadari adanya keborosan dalam pemakaian bahan bakar minyak, maka Anda perlu untuk melakukan pengecekan pada komponen pompa bensin yang satu ini. Karena alami kerusakan biasanya malah jadi mengonsumsi banyak bahan bakar dan Anda harus lakukan pengecekan ke bengkel terdekat.

    • Tenaga Mobil yang Melemah