Berita

    Featured Image

    Mengenal Tren Interior Mobil Minimalis yang Sedang Populer

    Dunia otomotif kembali menghadirkan sebuah tren yang populer saat ini, yaitu konsep desain interior mobil minimalis yang difokuskan pada kenyamanan dan teknologi canggih. 

    Meski konsepnya adalah minimalis, namun desain yang dihasilkan diberi sentuhan modern sehingga bagian dalam mobil terlihat elegan. Hal ini bisa terlihat dari hadirnya mobil listrik yang didukung dengan penggunaan bahan ramah lingkungan. 

    Pada dasarnya, semua itu tidak lepas dari berbagai elemen utama yang terdapat dalam tren otomotif saat ini. Apa saja? Berikut informasinya. 

    Elemen Utama Tren Interior Mobil Minimalis

    Meski bergaya minimalis, bukan berarti tampilan interior terlihat monoton. Justru sebaliknya, Anda akan dimanjakan dengan ruang kabin yang terlihat bersih, luas, dan nyaman. Berikut beberapa elemen yang membuat tren interior minimalis kian populer di masyarakat. 

    • Warna Netral

    Dikarenakan mengambil  konsep minimalis, maka pemilihan warnanya lebih merujuk pada berbagai warna netral seperti hitam, coklat, dan abu-abu. Ketiga warna ini kerap mendominasi desain minimalis pada ruang kabin mobil listrik. 

    Pemilihan warna tersebut menciptakan estetika yang tenang dan bersih. Desain minimalis pada mobil listrik menghadirkan sebuah lingkungan yang elegan, fungsional, serta ramah pengemudi. 

    Kesederhanaan dan efisiensi dalam desain minimalis adalah kunci utama, pihak produsen berupaya menciptakan pengalaman berkendara dengan mobil listrik yang lebih nyaman dan memuaskan. 

    Contohnya bisa dilihat dari mobil listrik keluaran terbaru dari Suzuki yaitu eVX. Dilansir dari Kompas. com, interior eVX dilengkapi dengan jok kulit dan desain kabin yang minimalis. 

    Pada bagian setir dibentuk seperti setir pesawat. Sedangkan bagian panel instrumen terlihat mencolok dengan adanya layar berukuran besar yang terlihat menyatu mulai dari kanan ke tengah. 

    Secara keseluruhan, meskipun masih bersifat mobil konsep, namun eVX mampu menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dengan konsep interior minimalis modern.  

    • Material Simpel

    Desain interior mobil dengan konsep minimalis berupaya menggunakan material yang simpel namun tetap berkualitas tinggi seperti kayu, logam, dan kulit. Dengan menggunakan material premium memberikan kesan mewah pada kabin mobil listrik. 

    Selain itu, produsen juga menggunakan material interior ramah lingkungan. Ini terlihat dari penggunaan bahan organik atau daur ulang. Selain itu, produsen juga menggunakan cat yang aman alias tidak mengandung zat yang berbahaya. 

    • Fitur Modern Fungsional

    Konsep yang digunakan untuk bagian interior adalah minimalis, jadi tak heran jika di dalam ruang kabin akan terlihat pengurangan tombol fisik dan lebih ditekankan pada tampilan yang bersih, rapi, dan terorganisir. 

    Meskipun demikian, interior yang ramah lingkungan tersebut tetap dilengkapi dengan berbagai fitur modern yang fungsional, diantaranya adalah: 

    • Layar Sentuh Lebar 

    Terdapat layar sentuh berukuran besar pada ruang kabin. Tujuannya adalah untuk memberikan antarmuka yang perseptif dan intuitif. 

    Dengan demikian, pengemudi bisa mengakses berbagai macam fungsi yang ada pada kendaraan, seperti sistem navigasi, sistem audio, dan konektivitas.

    • Kendali Gestur

    Sebagian mobil keluaran terbaru hadir dengan konsep interior minimalis juga dilengkapi dengan teknologi kendali gestur. 

    Dengan adanya teknologi ini memungkinkan pengemudi mengoperasikan berbagai fitur hanya dengan mengandalkan gerakan tangan. 

    • Kamera 360 Derajat

    Produsen juga melengkapi mobil keluaran terbaru dengan sistem kamera 360 derajat sehingga bisa melihat seluruh area di sekitar mobil. 

    Selain itu, keberadaan kamera canggih ini juga memudahkan pengemudi untuk parkir dan melakukan manuver yang rumit. 

    • Fitur Keamanan Canggih

    Pada mobil keluaran terbaru juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang semakin canggih. 

    Contohnya, peringatan jika pengemudi mengantuk, asisten yang berfungsi sebagai pencegahan tabrakan, dan pengereman otomatis darurat. 

    • Teknologi VR (Virtual Reality)

    Pihak produsen otomotif juga mulai menambahkan teknologi VR pada desain mobil keluaran terbaru. 

    Teknologi ini memberi peluang kepada pengemudi untuk merasakan pengalaman berkendara yang terkesan lebih realistis dan imersif. 

    Dengan hadirnya berbagai fitur canggih dan konsep desain yang minimalis membuat tampilan interior mobil terkesan bersih dan terorganisir membuat kabin terkesan lebih luas dan nyaman.