Berita

    Featured Image

    Penyebab Pedal Gas Mobil Patah dan Copot

    Umumnya, kondisi pedal gas mobil merupakan anomali atau jarang terjadi karena komponen satu ini termasuk ke dalam komponen yang awet dan kuat. Namun, bukan berarti Anda berpeluang tidak mengalami masalah terkait hal ini.

    Maka dari itu, ada baiknya jika Anda menyimak artikel kali ini agar mengetahui penyebab pedal gas bisa patah atau copot. Tujuannya, agar Anda bisa mencegah dan mengatasi dengan cepat apabila menghadapi masalah pedal gas yang patah. Simak sampai tuntas artikel ini, ya!

    Penyebab Umum Pedal Gas Mobil Patah dan Copot

    Masalah pada pedal gas bisa berbagai macam, mulai dari pedal yang patah, copot, longgar dan sebagainya. Setiap pemilik mobil memiliki peluang mengalami masalah yang sama. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan di bawah ini:

    • Menginjak Pedal Terlalu Kuat

    Penyebab pertama yang umum dilakukan oleh pemilik mobil adalah menginjak pedal terlalu kuat. Memang, pada dasarnya pabrik mobil pasti sudah membuat pedal gas dengan bahan yang kuat dan tahan lama.

    Namun, hal tersebut tidak memungkinkan masalah pedal gas yang copot bisa terjadi. Apalagi jika intensitas Anda dalam mengendarai mobil sangat sering. Jika pedal gas digunakan terlalu sering, maka pedal bisa oblak dan lama-kelamaan copot.

    • Mengganti Pedal Buatan Pabrikan

    Kedua, penyebab pedal gas copot dan patah adalah mengganti pedal buatan pabrikan dengan pedal aksesoris lain. Biasanya hal ini dilakukan oleh para pemilik mobil yang ingin menghias mobilnya dengan aksesoris-aksesoris tambahan.

    Perlu Anda ketahui bahwa mengganti komponen pabrikan dengan aksesoris lain akan berisiko kerusakan. Hal ini dikarenakan tidak semua material aksesoris sekuat atau seawet buatan pabrik.

    Maka dari itu, tidak heran jika pedal gas kendaraan sering copot dan patah ketika diganti dengan pedal aksesoris bukan buatan pabrikan. Jadi, sebelum mengganti komponen mobil dengan aksesoris lain, pilih material terbaik dan bukan hanya sekadar keren saja.

    • Material Pedal Terbuat dari Plastik

    Pada dasarnya, material pedal gas mobil memang terbuat dari plastik yang dilapisi karet. Material plastik yang digunakan pun bukan material sembarangan alias tahan lama. Namun, pada kenyataannya tentu ada masalah pada material pedal yang diproduksi.

    Jadi, Anda sebagai konsumen tidak bisa 100% mendapatkan material plastik yang kuat dan tahan lama. Mungkin saja terdapat kelalaian pada quality control sehingga hal ini terjadi. Tapi Anda jangan khawatir karena kasus ini cukup jarang terjadi.

    • Mobil Berusia Sudah Tua

    Penyebab pedal gas copot dan patah berikutnya bisa jadi karena mobil Anda sudah berusia tua. Semakin sering mobil digunakan, dan semakin tua usia mobil tentu beberapa komponennya tidak akan bekerja secara optimal seperti waktu masih baru.

    Maka dari itu, biasanya jika mobil sudah menginjak usia >10 tahun, beberapa komponen sudah ada yang diganti. Termasuk komponen pedal gas yang rentan patah dan copot apabila pemakaian mobil sudah terlalu lama dan sering.

    • Mengalami Kecelakaan

    Penyebab terakhir adalah karena kecelakaan, yang mana jika pedal gas kendaraan bisa copot dan patah jika mengalami kecelakaan parah. Terlebih jika kecelakaan tersebut bersifat fatal sehingga benturan keras yang terjadi bisa membuat bagian mobil ringsek.

    Pada kasus pedal gas yang copot dan patah secara ekstrem seperti kecelakaan ini sangat perlu diwaspadai. Cara mencegahnya hanya satu, yaitu berhati-hati dalam berkendara dan terus waspada terhadap jalan raya.

    Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pedal gas mobil dapat copot dan patah, walaupun kasusnya cukup jarang terjadi. Jika Anda mengalami hal tersebut, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggantinya dengan pedal baru.