Berita

    Tips Menyewa Mobil yang Aman untuk Liburan

    Liburan akan nyaman dan menyenangkan, bila Anda mengikuti tips menyewa mobil di tempat tujuan. Jalan-jalan jadi lebih santai karena tidak perlu bergantung dengan jadwal transportasi umum. Anda pun akan terhindar dari penipuan persewaan mobil. 

    Catat Tips Menyewa Mobil yang Aman

    Untuk memudahkan transportasi dalam berkeliling tempat liburan, menyewa mobil menjadi solusi yang tepat. Pastikan ikuti tips ini agar bebas stres dan liburan berjalan lancar tanpa ada masalah dengan persewaan kendaraan!

    • Buat Perencanaan yang Matang

    Mungkin ini hal kecil, tapi percayalah jika merencanakan liburan dengan matang itu sangat penting lho. Pastikan Anda sudah menetapkan tanggal, tempat tujuan, berapa lama, serta destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi. 

    Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan biaya untuk persewaan mobil. Anda juga bisa memutuskan apakah akan menyewa dengan sopir atau tanpa sopir. Semakin detail perencanaan yang dibuat, akan semakin menyenangkan perjalanan liburan Anda. 

    • Periksa Ulasan dan Rating Tempat Persewaan

    Ada banyak tempat rental mobil di tempat tujuan wisata. Pastikan Anda sudah memeriksa rating dan ulasan pelanggan secara online dari masing-masing rental. Teliti juga bagaimana kualitas layanan serta kondisi mobil yang disewakan. 

    • Bandingkan Tarif Sewa dan Diskon yang Ditawarkan

    Dari tips menyewa mobil, penting untuk Anda membandingkan tarif sewa kendaraan dari rental-rental terpilih, meskipun sekilas semua tarif terlihat hampir sama. 

    Namun, setiap rental pasti memiliki akan memberikan benefit, diskon, penawaran khusus, atau tarif yang berbeda-beda untuk memenangkan persaingan. 

    Cara termudah dalam membandingkan tarif, adalah dengan mengakses situs resmi masing-masing rental mobil. 

    Cek kendaraan tipe apa yang akan Anda sewa kemudian catat tarifnya. Meskipun hanya selisih Rp5.000 - Rp10.000, itu bisa membantu Anda dalam berhemat selama liburan lho. 

    • Pilih Tipe Mobil yang Tepat 

    Sebelum menentukan ingin menyewa kendaraan seperti apa, pertimbangkan berapa orang yang akan ikut berlibur dengan Anda. Sebab, ini menentukan ukuran mobil yang akan disewa dan tarif yang dikenakan per harinya. 

    Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan seberapa banyak barang bawaan Anda dan teman perjalanan. Setelahnya, pilih kendaraan yang sesuai dan pastikan masih ada ruang di dalamnya, agar perjalanan lebih nyaman. 

    • Ketahui Aturan ketika Menyewa Mobil

    Tiap rental mobil pasti akan memberikan aturan yang berbeda-beda. Ada yang cukup mudah persyaratannya, ada pula yang rumit. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui dengan baik aturan saat menyewa mobil dari rental yang dipilih. 

    Beberapa rental mungkin akan meminta dokumen pribadi untuk jaminan. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi. Pastikan hanya memberikan apa yang diminta saja. 

    aturan menyewa mobil

    Selain itu, baca kontrak persewaan dengan cermat agar mengetahui dengan detail biaya tambahan apa saja yang nantinya akan dikenakan selama masa persewaan. 

    Cek pula, asuransi apa yang ditawarkan oleh tempat rental jika terjadi kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan. 

    • Hindari Rental Mobil di Bandara

    Sebisa mungkin, hindari menyewa kendaraan di area bandara. Sebab, akan ada biaya tambahan yang dikenakan nantinya. 

    Jika memungkinkan, manfaatkan fasilitas hotel untuk layanan antar jemput bandara. Kemudian, cari rental mobil yang berada di pusat kota. 

    Ada beberapa rental mobil yang menawarkan untuk menjemput di bandara, itu akan lebih memudahkan Anda nantinya. Namun, tetap tanyakan, apakah layanan itu free charge atau ada biaya tambahannya. 

    • Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum Menyewa

    Pastikan Anda memeriksa kondisi kendaraan sebelum mengambilnya. Cek bagian kunci pintu, sisi jendela, serta wiper berfungsi dengan baik. 

    Periksa pula bagian mesin dan pengereman untuk memastikan kondisinya baik digunakan untuk perjalanan panjang agar liburan semakin nyaman. 

    Itulah ketujuh tips menyewa mobil yang perlu Anda ikuti dan perhatikan selama liburan. Selain menyewa, Anda juga bisa menggunakan mobil pribadi untuk menemani liburan. Pastikan sudah melakukan pengecekan kendaraan di Suzuki Dealer sebelum memulai perjalanan!