Berita

    Featured Image

    Yang Harus Dilakukan saat Ada Kecelakaan di Depan Kita

    Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi kapan saja dan tidak bisa diprediksi oleh siapa saja. Saat berkendara di jalan ada kemungkinan Anda menyaksikan peristiwa buruk tersebut. Pastikan jangan panik dan tetap tenang agar dapat memberi pertolongan pertama pada korban.

    Ketika menolong korban kecelakaan Anda harus hati-hati dan tidak boleh gegabah dalam mengambil tindakan. Karena jika melakukan kesalahan dapat membahayakan nyawa orang tersebut. Berikut langkah-langkah menolong korban kecelakaan yang tepat. 

    Cara Menolong Korban Kecelakaan Lalu Lintas yang Tepat

    Ketika menyaksikan kecelakaan di depan mata sebaiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk menolong mereka. Agar tidak salah mengambil tindakan penyelamatan, coba simak penjelasan berikut ini. 

    • Memeriksa Lokasi Kejadian

    Tindakan pertama ketika menemukan peristiwa kecelakaan yaitu memeriksa tempat kejadian. Jika kondisi di lokasi tersebut aman dan tidak membahayakan, maka Anda bisa mendekati korban untuk memastikan kondisi fisiknya. 

    • Segera Cari Bantuan Medis

    Jika korban kecelakaan mengalami luka yang cukup parah segera cari pertolongan medis dengan menelepon nomor 112. Atau bisa juga menghubungi layanan gawat darurat dari rumah sakit terdekat agar segera mendapat tindakan medis.

    Apabila tidak bisa, coba cari orang di sekitar untuk membantu mencari bantuan medis. Utarakan kronologi singkat dan kondisi fisik korban secara detail kepada pihak medis supaya mereka bisa memberikan pertolongan yang tepat.

    • Lindungi Korban agar Tidak Dikerumuni Warga

    Sembari menunggu bantuan medis datang pastikan korban tidak dikerumuni banyak orang. Agar korban mendapat udara bebas dan merasa lebih nyaman mintalah orang-orang untuk memberinya ruang.

    Korban pasti merasa sesak dan tak nyaman saat dikerumuni banyak orang bahkan bisa membuatnya kesulitan bernafas karena kekurangan oksigen. 

    • Jangan Sembarangan Memindahkan Korban

    Korban kecelakaan yang mengalami cedera/luka dalam seperti patah tulang tidak boleh sembarangan dipindahkan. Karena tindakan tersebut dapat memperparah cedera dan menimbulkan masalah yang serius.

    Jika Anda mempunyai kemampuan memberi pertolongan pertama pada korban kecelakaan, sebaiknya segera lakukan tindakan pertolongan dasar untuk menyelamatkan nyawanya. 

    Jika tidak, cukup temani korban dan cegah terjadinya gerakan menggunakan perban atau kain di sekitar bagian yang diduga mengalami patah tulang. Jika korban memakai helm, coba lepaskan dari kepalanya secara perlahan agar tidak tersangkut di telinga. 

    • Meminimalisir Pendarahan 

    Pendarahan yang tidak segera dihentikan dapat mengancam nyawa korban. Itu sebabnya Anda harus membantu menghentikannya dengan menutup bagian luka menggunakan kain dan tangan (berikan sedikit tekanan agar pendarahan dapat diminimalisir).

    Jika masih ada darah yang keluar coba ikat bagian atas luka dengan sehelai kain atau perban. Pastikan posisi korban dalam keadaan yang nyaman agar tidak menambah rasa sakitnya. 

    • Bantu Korban Mengatasi Syok Pasca Kecelakaan

    Hampir semua korban kecelakaan lalu lintas pasti merasa syok setelah mengalami musibah tersebut. Syok pasca kecelakaan ditandai dengan wajah pucat, suhu tubuh dingin, berkeringat, kesulitan saat bernapas, dan denyut nadi melambat.

    Tanda-tanda tersebut terjadi karena korban kehilangan banyak suplai cairan dan darah akibat pendarahan. Berikut cara mengatasi syok pasca kecelakaan yang tepat:

    • Lepas kancing kerah baju dan kendurkan ikat pinggangnya

    • Baringkan korban tanpa mengangkat kepalanya dan posisikan kakinya lebih tinggi 30 cm

    • Pastikan tubuhnya tetap hangat agar tidak hipotermia

    • Sebaiknya jangan memberinya cairan/minuman melalui mulut karena dapat memicu tersedak

    • Jangan mencabut benda yang menusuk tubuh korban secara sembarangan agar tidak timbul infeksi