Berita

    Featured Image

    Bensin Hampir Habis? Ini Hack Menghemat Bahan Bakar Mobil

    Menghemat bahan bakar menjadi tindakan paling tepat bagi pengendara mobil ketika bensin sedang menipis dan jauh dari SPBU. Di area-area tertentu seperti di pelosok, sangat sulit menemukan tempat pengisian bahan bakar.

    Hal tersebut membuat pengemudi terpaksa melakukan cara-cara tertentu agar bensin di tangki mobilnya cukup untuk melanjutkan perjuangan. Jika sering mengalami kondisi darurat seperti ini, sebaiknya Anda tidak melewatkan tips-tips bermanfaat berikut. 

    Tips Menghemat Bahan Bakar saat Bensin Menipis 

    Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bensin saat dalam kondisi darurat. Saat mengalami kondisi tersebut, Anda dapat menerapkan tips di bawah ini agar sampai ke tujuan tanpa hambatan. 

    • Jangan Memanaskan Mesin Terlalu Lama

    Sebelum berangkat, disarankan memanaskan mesin mobil terlebih dahulu agar proses pembakaran bekerja sempurna. 

    Namun, saat bensin sedang menipis, sebaiknya jangan terlalu lama melakukannya karena kebiasaan tersebut justru hanya akan membuang-buang bensin. 

    Durasi waktu memanaskan mesin mobil yang paling tepat yaitu antara 10 sampai 15 menit. Sebenarnya, memanaskan mesin lebih dari 15 menit tidak memberi dampak positif apa-apa, justru menambah polusi. 

    • Jangan Berkendara di Jam Sibuk

    Saat berada di kemacetan, konsumsi bahan bakar pada mesin akan meningkat. Jika bensin mobil sedang menipis, sebaiknya jangan bepergian di jam sibuk seperti saat berangkat kerja atau pulang kerja. 

    Namun, jika terpaksa harus segera berangkat, maka pilihlah jalan alternatif yang rutenya paling dekat dan lalu lintasnya bebas dari kemacetan. Untuk mencari jalan alternatif yang terbaik, gunakan aplikasi penunjuk jalan yang ada di ponsel Anda.

    • Kurangi Penggunaan AC

    Di Indonesia, AC menjadi fitur mobil yang sangat penting untuk mendinginkan kabin saat berkendara pada siang hari. Hampir semua pengemudi mobil tidak pernah mematikan AC karena tidak tahan dengan cuaca panas.

    Saat bahan bakar menipis, sebaiknya jangan menggunakan AC secara berlebihan. Akan lebih baik lagi jika Anda matikannya selama di perjalanan. 

    Dengan begitu, konsumsi bahan bakar akan lebih irit dan Anda bisa sampai ke tempat pengisian bahan bakar sebelum bensin di tangki benar-benar habis. 

    • Jangan Membawa Beban Berat

    Tips menghemat bahan bakar mobil selanjutnya yaitu dengan mengurangi beban mobil. 

    Beban seberat 50 kilogram dapat menambah konsumsi bensin hingga 2 persen dan bahkan lebih jika Anda menggunakan mobil berdesain compact yang memiliki kapasitas mesin kecil.

    Itu sebabnya, saat bahan bakar menipis, sebaiknya hindari membawa barang-barang berat dan memberi tumpangan ke orang-orang lain. Bawalah barang seperlunya dan beri tumpangan ke orang-orang yang benar-benar memerlukannya.

    • Saat Berhenti Lama, Netralkan Gigi

    Saat berada di kemacetan, mobil matic lebih boros bahan bakar karena dapat melaju tanpa menginjak pedal gas. 

    Supaya lebih irit bensin, ketika mobil berhenti lebih dari 10 derik seperti saat di kemacetan dan lampu merah, pindahkan gigi ke posisi netral agar mesin tidak melaju ke depan secara otomatis. 

    Anda tidak perlu mengkhawatirkannya jika menggunakan mobil transmisi manual, cukup jalankan mobil seperti biasanya. 

    Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda bisa memperpanjang jarak tempuh mobil saat bahan bakar menipis. 

    Jangan lupa lakukan servis secara berkala terutama tune-up untuk menjaga performa mesin tetap optimal dan mencegah mobil boros bensin di bengkel resmi Suzuki.