Berita

    Perhatikan! Cara Menghindari Overheating pada Mesin Mobil

    Overheating pada mesin mobil seringkali menjadi masalah untuk banyak pengendara, terlebih jika sedang berada di musim panas. Cuaca di luar yang panas, bisa membuat hawa panas juga ikut terjebak di berbagai komponen mobil.

    Hal tersebut memiliki berbagai risiko atau dampak buruk pada komponen-komponen di dalam mobil. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melakukan pencegahan supaya tetap dapat berkendara dengan aman dan mesin mobil terjaga dengan baik.

    Cara Menghindari Overheating pada Mesin Mobil

    Untuk menjaga mobil Anda supaya tidak mengalami overheating, berikut adalah berbagai cara yang sebaiknya Anda lakukan.

    • Tetap Perhatikan Suhu Mobil

    Hal penting yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya mesin mobil overheat yaitu dengan memperhatikan suhu mobil.

    Jika Anda sedang berkendara di jalanan dengan cuaca yang cukup panas, hal ini menjadi penting. Pastikan Anda sesekali melihat dan mengecek temperatur mobil untuk memastikan tidak terjadi overheating.

    • Pakai Pengaturan Udara Segar

    Saat menyalakan AC mobil, Anda bisa menyalakan pengaturan udara segar untuk 10 menit pertama. Ini dapat membantu mobil Anda mengatur sirkulasi udara di berbagai komponennya.

    Setelah dirasa cukup, maka Anda bisa mengubah pengaturannya dan kembali menjadi normal.

    • Nyalakan Bagian Ventilasi Lantai Mobil

    Suhu panas bisa terjebak di berbagai bagian, terlebih bagian-bagian yang tertutup. Sebaiknya, hal ini segera ditangani supaya tidak terjadi overheating pada mesin.

    Untuk mengurangi suhu panas yang terjebak di berbagai komponen mobil Anda, maka Anda bisa menyalakan ventilasi lantai mobil ketika hendak berkendara.

    Istock
    • Parkirkan Mobil di Tempat Teduh

    Supaya mesin mobil tidak terlalu panas, sebaiknya Anda lebih memperhatikan lokasi parkir. Usahakan untuk tidak parkir di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama karena bisa membuat mobil menjadi overheat.

    Carilah tempat teduh yang nyaman dan aman untuk mesin mobil Anda, sehingga suhu mobil pun bisa lebih terjaga dengan baik.

    • Periksa Radiator