Berita

    Ketahui Cara Kerja Mesin All New Ertiga Hybrid

    MPV terbaru dari Suzuki menggunakan teknologi hybrid yang dikenal dengan sebutan Suzuki Smart Hybrid. Cara kerja mesin All New Ertiga Hybrid yang menggunakan teknologi tersebut membuatnya diklaim sebagai kendaraan yang irit bahan bakar. 

    Teknologi yang juga dikenal dengan nama Mild Hybrid ini merupakan penggabungan tiga komponen yang digunakan untuk membantu mesin pembakaran internal pada Ertiga Hybrid. Seperti apa cara kerja dari sistem teknologi Mild Hybrid ini? Berikut penjelasannya. 

    Komponen All New Ertiga Hybrid

    Pada sistem Smart Hybrid dari Suzuki ini menggunakan tiga komponen yang sistem kerjanya saling berkaitan pada saat pertama kali pengemudi menyalakan mesin. Ketiga komponen pada Smart Hybrid tersebut diantaranya adalah sebagai berikut: 

    • ISG (Integrated Starter Generator)

    Merupakan komponen yang memiliki dua fungsi krusial bagi kendaraan. Pertama, sebagai generator yang berguna untuk menangkap dan menyimpan energi (daya) ke baterai pada saat perlambatan (deselerasi). 

    Kedua, sebagai motor yang berguna untuk meringankan kinerja putaran mesin serta memberikan ekstra energi ke bagian mesin pada saat akselerasi. 

    • Baterai Lithium Ion

    Berfungsi sebagai penyimpan daya yang bisa secara otomatis terisi kembali melalui sistem regenerative deceleration

    Dengan hadirnya sistem ini membuat cara kerja All New Ertiga Hybrid terlihat sangat efektif. Anda sebagai pengemudi tidak perlu repot mengisi ulang daya baterai di stasiun pengisian atau charging station. 

    • Mesin Konvensional

    Komponen pada Suzuki Ertiga Hybrid ini berfungsi sebagai penggerak yang utama dan aki. 

    Cara Kerja Mesin All New Ertiga Hybrid dengan Teknologi Terbaru dari Suzuki

    Menurut Joshi Prasetya selaku Strategic Planning Dept. Head dari PT SIS menjelaskan bahwa cara kerja All New Ertiga Hybrid ini tidak sama dengan sistem hybrid pada umumnya. 

    Teknologi yang tersemat pada Mild Hybrid memiliki fungsi memberikan bantuan berupa tenaga pada mesin guna meringankan beban perputaran mesin. 

    Dengan demikian, pengemudi bisa mendapatkan tenaga yang dibutuhkan dengan lebih cepat. Sebagai gambaran, berikut ini cara kerja dari sistem Suzuki Smart Hybrid

            1. Aktifkan Fitur Auto Start Stop