Berita

    Anatomi Mesin: Memahami Bagian-bagian Utama

    Untuk dapat menjalankan mobil sesuai dengan kebutuhan, maka dibutuhkan peran dari bagian-bagian mesin mobil. Jika Anda merupakan pemilik mobil, ada baiknya mulai memahami apa saja bagian utama dari mesin tersebut.

    Dengan mencoba untuk memahami komponen penting yang ada di dalam mesin, Anda bisa lebih optimal dalam melakukan perawatan. Tentu saja, hal ini juga nantinya dapat berdampak baik terhadap performa dan usia pakai dari mesin mobil.

    Bagian-bagian Mesin Mobil

    Mobil yang saat ini banyak beredar di pasaran biasanya menggunakan jenis pembakaran internal, yaitu dengan mengubah energi kimia yang berasal dari bahan bakar untuk menjadi energi mekanis.

    Ada berbagai bagian atau komponen mesin yang berperan penting untuk mendukung pergerakan kendaraan. Berikut merupakan berbagai komponen utama dari mesin mobil yang sebaiknya Anda ketahui.

    • Silinder

    Bagian pertama yang akan dibahas kali ini yaitu silinder. Komponen ini memiliki fungsi untuk membentuk dan memindahkan energi panas, sehingga dapat menjadi energi atau tenaga mekanik.

    Karena memiliki fungsi tersebut, maka Anda perlu menjaga kondisi silinder jika menginginkan tenaga yang optimal untuk mesin mobil.

    Pastikan tidak ada bagian yang bocor dari komponen ini, termasuk bagian di antara silinder dan komponen piston yang selanjutnya juga akan dibahas.

    Jika ada masalah pada komponen silinder, maka sebaiknya Anda menggantinya dengan suku cadang asli dan pastikan kesesuaian tipenya.

    • Kepala Silinder

    Kedua, ada kepala silinder yang umumnya terbuat dari campuran antara aluminium ringan dan besi tuang.

    Di dalam komponen ini, ada mekanisme yang disebut dengan valve train, fungsinya untuk mengatur posisi valve supaya dapat membuka dan menutup dengan baik.

    • Blok Silinder

    Bagian-bagian mesin mobil selanjutnya yaitu blok silinder yang menjadi tempat untuk pergerakan naik dan turunnya piston. Ketika piston melakukan kerjanya, energi panas akan berubah menjadi mekanis dan mobil dapat bergerak.

    • Piston

    Selanjutnya, ada komponen piston yang juga memiliki berbagai fungsi vital. Piston berguna untuk menghisap udara dari luar supaya bisa masuk ke silinder dan menciptakan kompresi.

    Fungsi selanjutnya dari piston yaitu mengubah energi dari panas menjadi mekanik dan mendorong gas yang menjadi sisa dari pembakaran tersebut.

    iStockphoto