Arti Persneling Mobil dan Jenis Transmisi Mobil

icon 28 January 2022
icon Admin

Pasti Anda sudah tidak asing dengan persneling mobil. Meski begitu, masih banyak yang belum paham terkait arti dan fungsinya.

Nah, artikel ini akan menjelaskan mengenai arti persneling, juga fungsinya. Jadi pastikan Anda simak sampai rambung ya!

Berdasarkan pengertian pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persneling atau girboks adalah alat untuk mengatur kecepatan kendaraan bermotor.

Secara lebih lengkapnya, girboks mobil merupakan sistem roda gigi yang tenaga mekanis dari penggerak roda dengan kecepatan lebih rendah, tapi gaya putar lebih tinggi .

Nah, pada mobil ada yang dinamakan transmisi manual dan transmisi matic. Hal ini berhubungan sekali dengan fungsi persneling. Kita bahas satu per satu ya!

Transmisi Manual

Seperti namanya, transmisi ini mengenakan persneling untuk mengatur perpindahan torsi secara manual. Gigi percepatannya biasanya mulai dari 3 sampai 6 untuk maju dan 1 gigi mundur atau R.

Transmisi Mobil Matic

Transmisi mobil matic atau bisa juga disebut otomatis, perpindahan gigi dilakukan dengan sendirinya sesuai kondisi jalan. Meski demikian, ada beberapa kode dalam persneling mobil matic.

Buat Anda yang masih baru belajar mengendarai mobil, alangkah baiknya tahu arti kode dalam persneling berikut ya!

  • Kode P

Kode P pada persneling berarti parking atau parkir. Saat diarahkan ke tuas P, otomatis mobil dalam posisi parkir, tidak bergerak dan terkunci.

  • Kode R

Berikutnya adalah kode R yang berarti Reverse atau mundur. Tuas R ini digunakan apabila Anda akan memundurkan mobil.

  • Kode N

Arti kode N yaitu berarti netral. Apabila diarahkan pada tuas tersebut, maka mesin dan transmisi tidak akan terhubung.

  • Kode D

Kode D memiliki arti drive atau sedang berjalan. Nah, di transmisi otomatis, kalau sudah ada pada tuas ini, maka bagaimanapun jalannya bisa menyesuaikan gigi percepatan.

Anda hanya perlu mengatur antara gas dan rem. Gigi percepatan akan otomatis.

  • Angka 2

Angka 2 bisa Anda aktifkan apabila jalan mulai menanjak. Supaya pergerakan mobil tidak berat. 

  • Kode L

Kode terakhir yakni L yang berarti Low. Anda harus mengaktifkan ini apabila ada pada tanjakan yang cukup curam. Apabila transmisi manual, maka kode ini sama saja dengan gigi 1.

Masalah pada persneling

Seperti komponen pada umumnya, persneling juga bisa bermasalah. Berikut masalah yang bisa timbul pada persneling:

        1. Kabel macet

Kadang kala saat memasukkan persneling kok rasanya susah sekali. Bisa jadi penyebabnya karena kabel yang macet. 

Kabel yang macet membuat tarikan persneling sangat berat. Anda harus segera membawanya ke bengkel terdekat jika mengalami masalah ini.

        2. Kerusakan pada Bushing

Bushing yang terbuat dari karet, bisa rusak dan menjadi getas. Kalau sudah terjadi, pastilah perpindahan gigi juga susah.

        3. Kabel kopling keras

Kabel kopling transmisi baik manual atau otomatis bisa jadi rusak. Di manual, kabel kopling bisa jadi berkarat dan menyebabkan susah pindah gigi.

Sementara pada transmisi otomatis, master kopling berperan penting. Cek adanya kebocoran pada bagian ini. 

Demikian arti dan fungsi persneling mobil yang wajib Anda tahu. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan mobil di bengkel resmi Suzuki agar anda bisa berkendara dengan nyaman dan aman. Jadwalkan kunjungan service mobil Suzuki anda di website https://suzukicintadamai.co.id/  & dapatkan jadwal yang sesuai dengan keinginan anda.